Perancangan Koordinasi Proteksi Arus Lebih Pada Sistem Kelistrikan Di Perencanaan Kapal Tanker Menggunakan Trip Device Electro Mechanical

Karmina, Riantini (2017) Perancangan Koordinasi Proteksi Arus Lebih Pada Sistem Kelistrikan Di Perencanaan Kapal Tanker Menggunakan Trip Device Electro Mechanical. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213100095_RIANTINI KARMINA_TUGAS AKHIR.pdf]
Preview
Text
4213100095_RIANTINI KARMINA_TUGAS AKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gangguan pada sistem kelistrikan di kapal merupakan suatu hal yang sangat sulit terelakan sehingga diperlukannya sebuah sistem proteksi untuk memisahkan daerah yang terganggu dari sistem. Gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan umumnya berupa arus hubung singkat. Arus hubung singkat terjadi diakibatkan adanya gangguan impedansi yang sangat kecil (mendekati nol) antara dua penghantar aktif dalam kondisi operasi normal yang berbeda potensialnya sehingga menyebabkan terjadinya arus lebih. Salah satu peralatan yang digunakan untuk mengamankan gangguan tersebut adalah circuit breaker. Circuit breaker melakukan pemutusan kontak dengan peralatan atau sistem yang mengalami gangguan menggunakan peralatan trip device electrcomechanical. Prinsip kerja dari trip device electrcomechanical memanfaatkan arus listrik yang mengalir pada circuit breaker dan menginduksi magnet pada bagian trip device untuk memindahkan kontak dari posisi tutup menjadi buka. Fokus pembahasan tugas akhir ini mengenai pengaturan koordinasi proteksi setiap circuit breaker dalam empat kondisi operasi generator di kapal menggunakan software ETAP. Dari hasil simulasi saat kondisi berlayar besarnya nilai arus hubung singkat pada Bus satu yaitu, 8,2 kA. Waktu pemutusan trip device circuit breaker saat berlayar pada tipikal gangguan satu sebesar sebesar 0,75 detik untuk circuit breaker no.29; 0,83 detik untuk circuit breaker no. 37 dan 1 detik untuk circuit breaker no. 28.

====================================================================

Disturbance of power system in ship is unavoidable case that required a function from safety system to separate the affected parts of system. The disturbance in electrical system generally is a short-circuit current. Short circuit current is affected when there are two conductors having lowest impendance in normal condition that have two different voltages thus causing an overcurrent. There is one of the device protection to prevent a disturbance like short circuit current, is circuit breaker. It opens the contact with component or system that disturbance using electromechanical trip device. The principal operating of trip device is using electric current flow in the circuit breaker and the magnet induces the tripping part to move the contact from the closed position to the opened position. The main discucssion for thesis is to coordinate circuit breakers in four operating conditions of the ship's generator using software ETAP. The simulation of the result obtained value of short circuit in main bus one at sailing condition is 8.2 kA. Tripping time for the circuit breakers in sailing condition at one typical disturbance are 0.75 seconds for circuit breaker number 29; 0.83 seconds for circuit breaker number 37 and 1 second for circuit breaker number 28.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arus Hubung Singkat, Circuit Breaker, Gangguan, Proteksi Arus Lebih.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Riantini Karmina
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:36
Last Modified: 06 Mar 2019 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44530

Actions (login required)

View Item View Item