Penilaian Level Proses Bisnis sebagai Dasar Perumusan Strategi Pengembangan bagi UMKM Jamu di Kecamatan Nguter

Lutvitasari, Melva Rosdhi (2017) Penilaian Level Proses Bisnis sebagai Dasar Perumusan Strategi Pengembangan bagi UMKM Jamu di Kecamatan Nguter. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513100008_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2513100008_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adanya trend back to nature menjadikan produk jamu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, yang akan menyebabkan persaingan antar produsen jamu semakin ketat. Salah satu produsen jamu yang bersaing adalah UMKM produsen jamu di Sentra Industri Jamu Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Terdapat dua jenis produsen jamu yang ada di Kecamatan Nguter, yaitu modern dan konvensional. Saat ini UMKM konvensional cenderung kalah bersaing dengan UMKM modern. Kondisi ini apabila terus berlangsung akan menyebabkan kemunduran usaha bagi UMKM produsen jamu konvensional. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pengembangan bagi UMKM jamu konvensional di Kecamatan Nguter. Sebelum dilakukan penyusunan startegi perlu dilakukan identifikasi kondisi terkini dari UMKM, yaitu dengan melakukan penilaian kondisi terkini yang didasarkan pada STP dan 4P yang dibuat 14 kriteria penilaian. Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan 10 UMKM yang menjadi objek amatan bergerak pada segmen yang sama. Selanjutnya, untuk melihat faktor internal UMKM dilakukan penilaian instrumen kemandirian yang didasarkan pada CIMOSA. Setiapa elemen pada CIMOSA dibuat kriteria penilaian, dimana dari hasil penilaian didapatkan hasil bahwa 10 UMKM yang menjadi objek amatan masih belum memenuhi syarat sebagi UMKM mandiri. Selain melihat faktor internal, perlu dilihat terkait dengan faktor eksternal UMKM yang didapatkan dari identifikasi stakeholder. Selanjutnya berdasarkan hasil positioning UMKM digolongkan menjadi UMKM dengan daya saing kuat dan lemah. Penyusunan strategi didasarkan pada hasil penilaian identifikasi kondisi terkini, indentifikasi faktor internal dan eksternal kemudian dilakukan penyusunan strategi dengan metode SWOT. Strategi yang telah disusun kemudian dipetakan dalam business model canvas, dimana untuk setiap UMKM memiliki business model canvas yang berbeda dikarenakan nilai kemandirian yang berbeda. Strategi yang disusun bersifat strategis dan operasional.
=================================================================
The trend back to nature make herbal medicines become increasingly interested by people, which will cause competition among herbal manufacturers increasingly stringent. One of the SMEs that do herbal medicine production is SMEs in Jamu Industry Centre of Nguter, Sukoharjo, Centra Java. There are two types of herbal manufacturer in Nguter, which are modern and conventional. Currently, conventional SMEs tend to be less copetitive with modern SMEs. If this condition continues will causes business regression for SMEs of conventional herbal medicines. Therefore it is needed development strategy for conventional herbal medicine. Before develop strategy need to identify the current condition of SMEs, by conducting a current condition assessment based on STP and 4P which made 14 assessment criteria. Based on the identification it is known that almost all of SMEs are in the same segment. Furthermore, to see the internal factors of SMEs an independent instrument assessment was performed based on CIMOSA. Every element of CIMOSA is made an assesment criterion. The result if the evaluation shows that 10 SMEs which become object of observation still do not fulfill requairment as independent SMEs. Beside looking the internal factors, its needs to be seen in terms of external factors of SMEs obtained from stakeholder identification. Furtermore, based on the results of SMEs positioning, it classified into SMEs with strong competitivness and weak competitivness. Development strategy conducted based on the result of the assessment of the current condition identification, identification of internal and external factors. Formulation of strategies is using SWOT method. Strategies that has been formulated then mapped in the Business Model Canvas (BMC), which for each SMEs has a different Business Model Canvas due to the value of independence. Strategy that is arranged is strategic and operational.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CIMOSA, 4P, STP, SMEs
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Melva Rosdhi Lutvitasari
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:43
Last Modified: 06 Mar 2019 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44650

Actions (login required)

View Item View Item