Rencana Operasi PLTM Pada Waduk Tukul Pacitan Dengan Mempertimbangkan Kebutuhan Air Optimum Untuk Irigasi Dan Air Baku Tahun 2042

Pratama, Yanuar Agung and Jannah, Maratu Rifatil (2017) Rencana Operasi PLTM Pada Waduk Tukul Pacitan Dengan Mempertimbangkan Kebutuhan Air Optimum Untuk Irigasi Dan Air Baku Tahun 2042. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114030004-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
3114030004-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pertambahan penduduk dari tahun ke tahun dan potensi lahan irigasi yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal tanpa diiringi penambahan jumlah sumber air dan sifat penggunaan air pada masyarakat yang berlebihan saat penghujan membuat kekeringan saat kemarau. Sehingga diharapkan memanfaatkan air yang tersedia secara optimal terutama yang ada didalam waduk. Karena air yang ada didalam waduk dapat berguna untuk meningkatkan produktifitas irigasi dan meningkatkan daya pada PLTM. Waduk Tukul Pacitan yang mempunyai potensi besar untuk manfaat masyarakat sekitar seperti kebutuhan air baku, kebutuhan untuk irigasi, dan untuk PLTM.
Dari dua hasil optimasi didapatkan intensitas tanam 300%, dengan merencanakan skenario pada setiap awal bulan dilakukan rencana kegiatan awal tanam padi dan untuk polowijo rencana kegiatan awal tanam dilakukan hanya pada bulan Juni, Juli dan Agustus, yang menghasilkan kebutuhan air bersih sebesar 55.51 juta m3, daya yang dihasilkan PLTM sebesar 23.85 MW.
===========================================================
The population-added year of yhe year and potential irrigation land can be harnessed with the most without of water and the use of water and use of water to society.so its expected to use water optimally especially in the reservoir. Because the water in the reservoir can increase irrigation productivity and on PLTM. Tukul Pacitan reservoir that has great potential for the needs of raw water, irrigation, and PLTM.
From two Optimizing result in the intensity of planting 300% by planning a scenario on every early month’s initial plant for padi and to palawijo early activities on beginning of month only in june, juli, and agustus. Which produces the needs of clean water by 55.51 million m3, the power generated by 23.85 MW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIS 627.86 Pra r
Uncontrolled Keywords: Tukul Reservoir, PLTM, Irrigation and Raw Water
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC812 Irrigation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Yanuar Agung Pratama
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:21
Last Modified: 08 Mar 2019 04:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44742

Actions (login required)

View Item View Item