Evaluasi Desain Terminal Penumpang Bandara New Yogyakarta International Airport

Maritsa, Deanty Putri (2017) Evaluasi Desain Terminal Penumpang Bandara New Yogyakarta International Airport. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100008-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Terminal penumpang bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) didesain dengan dua desain yang berbeda, desain pier yang disajikan oleh AGA-Letiste (perusahaan asing yang berasal dari Republik Ceko) melalui website-nya dan desain linear yang direalisasikan oleh PT Angkasa Pura 1 (Persero). Perbedaan desain tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai efisiensi konsep desain terminal linear yang digunakan dalam memenuhi pertumbuhan jumlah penumpangnya. Sehingga, untuk menjawab pertanyaan ini, dibutuhkan suatu evaluasi terhadap konsep desain terminal penumpang bandara NYIA guna mencegah permasalahan ketidaknyamanan penumpang terhadap pelayanan penumpang di Bandara Adisucipto Yogyakarta.
Dalam penyelesaian tugas akhir ini, dilakukan peramalan jumlah penumpang dengan menggunakan metode peramalan ARIMA dan Triple Exponential Smoothing. Peramalan jumlah penumpang dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan pergerakan penumpang di Bandara NYIA pada tahun 2017-2040. Setelah itu dilakukan evaluasi desain terminal penumpang untuk mengetahui efisiensi dari desain terminal linear yang digunakan di Bandara NYIA. Terakhir dilakukan analisis nilai Level of Service (LOS) pada terminal penumpang bandara NYIA untuk mengetahui pada tahun berapa desain terminal linear perlu dikembangkan.
Dari hasil analisis data jumlah penumpang Bandara Adisucipto Yogyakarta, dapat diketahui bahwa pertumbuhan pergerakan penumpang di Bandara Adisucipto Yogyakarta pada tahun 2017-2040 mengalami peningkatan rata-rata sebesar 7.90% setiap tahunnya. Dari hasil analisis desain terminal penumpang untuk jumlah penumpang 20 juta per tahun, dapat diketahui bahwa desain terminal pier lebih efisien dibandingkan desain terminal linear karena terminal pier memiliki moving walkways yang lebih sedikit serta jarak berjalan yang lebih pendek 210 m dibandingkan dengan desain terminal linear. Selain itu, dari hasil analisis nilai LOS dapat diketahui bahwa hingga tahun 2031 terdapat 4 fasilitas terminal penumpang bandara yang memilliki nilai LOS dibawah C. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2031 desain linear sudah tidak sesuai untuk Bandara NYIA sehingga pada tahun tersebut perlu dilakukan pengembangan desain terminal.
===================================================================================
Airport passenger terminal in New Yogyakarta International Airport (NYIA) is designed using two different designs, pier design conducted by AGA-Letiste (foreign company from Czech Republic) through its website and linear design those two designs generates a question regarding the efficiency of terminal’s linear design that used to cover the growth in the number of passengers. To answer this question, an evaluation towards NYIA terminal’s design concept is needed to prevent the inconvenience of the passenger services at Adisucipto International Airport Yogyakarta.
In this final project, a forecast towards the number of passengers is conducted by using ARIMA and Triple Exponential Smoothing forecasting method. The forecast towards the number of passengers is conducted to discover the growth of passengers movement at NYIA in 2017-2040. After that, an evaluation design of airport passenger terminal is conducted to find out the efficiency of linear design that implemented in NYIA Airport. And the last, an analysis on the level of service (LOS) value in NYIA Airport is conducted to find out in what year the linear terminal design needs to developed.
Based on the analysis data of the number of passengers in Adisucipto Yogyakarta Airport, the growth of the passengers movement at Adisucipto Yogyakarta Airport in 2017-2040 is increased by the rate of 7.90% every year. Further analysis of terminal design using the assumption of 20 million passengers, every year gives a result that the pier terminal design is more efficient than the linear terminal design because pier terminal has less moving walkways and shorter walking distance of 210 m compared to linear terminal design. Beside that, based on the analysis of LOS value, it is known that until the year of 2031, there will be 4 facilities of airport terminal that have the LOS value below C. That results a conclusion that in 2031 the linear terminal design is no longer appropriate for NYIA, so in that year, a development of terminal design needs to be conducted.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bandara NYIA, terminal bandara, konsep linear, konsep pier, jarak berjalan, level of service, NYIA airport, airport terminal, linear concept, pier concept, walking distance
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Deanty Putri Maritsa
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:46
Last Modified: 08 Mar 2019 06:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44792

Actions (login required)

View Item View Item