Adjie, Rachmadi Wahyu (2017) Pengembangan Eksperimen Pengaruh Cekungan (DIMPLE) Yang Diterapkan Pada Plat Datar Terhadap Aliran Fluida. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4212100081-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Dimple adalah sebuah cekungan yang biasa dilihat pada sebuah bola golf. Cekungan-cekungan ini ternyata memiliki pengaruh terhadap pergerakan dari bola golf tersebut sehingga membantu agar bola golf dapat terbang lebih jauh. Dari keuntungan yang didapatkan oleh bola golf tersebut, apakah cekungan-cekungan tersebut bisa membantu untuk mengurangi gesekan lambung kapal dengan permukaan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimple pada plat datar dengan perbedaan jenis aliran (laminar, transisi, dan turbulen) dan seberapa pengaruhnya terhadap koefisien gesek (Cf). Selain itu, dengan perbedaan rasio kecekungan (Rc) bagaimana pengaruhnya terhadap koefisien gesek (Cf). Dari pengaruh tersebut nantinya kita dapat mengetahui bagaimana perancangan dimple yang optimal pada lambung kapal. Metode simulasi yang akan dilakukan dengan Numeca Fine Open. Software ini dapat mensimulasikan bentuk rumit dimple dengan baik daripada software lainnya. Hasil dari analisa yang dilakukan akan diketahui penurunan koefisien gesek (Cf) saat aliran laminar, transisi, dan turbulen. Dengan pengaruh yang semakin membesar ketika aliran turbulen. Selain itu semakin besar rasio kecekungan akan menurunkan koefisien gesek lebih besar daripada rasio kecekungan kecil. Pengurangan Cf terbesar dari plat datar tanpa dimple terjadi pada plat dengan Rc 1 sebesar 0,083 (43%).
====================================================================== Dimple is a concave commonly seen on a golf ball. These concaves turn out to have an effect on the movement of the golf ball so as to help the golf ball fly further. From the advantages of golf balls, whether the cavity can help to reduce the friction of the hull with the water surface. This study aims to determine the effect of dimple on flat plate with different types of flow (laminar, transition, and turbulent) and how it affects the coefficient of friction (Cf). In addition, with the difference in the ratio of the concavity (Rc) how it affects the coefficient of friction (Cf). From these influences later we can know how the optimal dimple design on the hull of the ship. The simulation method will be done with Numeca Fine Open. This software can simulate the complicated shape dimple well than any other software. The result of the analysis will be known to decrease the coefficient of friction (Cf) during laminar flow, transition, and turbulent. With a growing influence when turbulent flow. In addition, the greater the ratio of the concentration will decrease the coefficient of friction greater than the small-scale ratio. The largest Cf reduction of flat plate without dimple occurred on plate with Rc 1 and Cf reduction is 0.083 (43%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dimple, Plat Datar, CFD, Rasio Kecekungan, Koefisien Gesek, Flat Plate,Ratio of the Concavity, Coefficient of Friction |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rachmadi Wahyu Adjie |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 03:17 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 07:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/44807 |
Actions (login required)
View Item |