-, Vanessa (2017) Modifikasi Perencanaan Struktur Flyover Menggunakan Segmental Box Girder dengan Metode Span-By-Span : Proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (BECAKAYU) Section 1C. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3113100072-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
Abstract
Konstruksi dalam wilayah perkotaan memiliki banyak tantangan dalam segi pelaksanaan, waktu, dan biaya. Precast segmental box girder dengan external prestressing tendon dianggap dapat menjadi alternatif desain yang efektif dan efisien. Sistem precast memungkinkan efisiensi dalam produksi massal sehingga waktu pelaksanaan dapat berkurang dengan tingkat kontrol kualitas yang tinggi. External prestressing memiliki potensi daya tahan struktur yang lebih baik dan dapat dipasang dengan mudah jika terjadi kerusakan ataupun untuk meningkatkan kapasitas struktur. Ini adalah karakteristik yang sangat penting bagi jembatan perkotaan, yang mana gangguan terhadap lalu lintas dapat menimbulkan masalah yang nyata. Penggunaan precast segmental box girder perlu didukung dengan sistem erection box girder yang tepat, dimana dalam Tugas Akhir ini digunakan metode span-by-span yang pelaksanaannya dapat dilakukan tanpa menutup akses jalan ataupun mengganggu lalu lintas dibawahnya.
Sistem precast juga digunakan dalam desain segmental pier atau pilar dalam tugas akhir ini bertujuan memperpendek waktu kerja dan konstruksi secara in-situ atau ditempat, sehingga mengurangi hambatan lalu lintas dalam pelaksanaan konstruksi. Dengan penggunaan mutu beton yang tinggi, maka digunakan pilar dengan penampang hollow, dimana dapat mengurangi kebutuhan material, dan mengurangi biaya untuk kebutuhan material.
Dalam tugas akhir ini akan membahas secara lengkap perancangan struktur flyover dengan menggunakan sistem precast segmental dengan prestressing tendon sehingga menghasilkan perancangan yang sesuai dengan persyaratan yang digunakan.
==================================================================
Construction in urban areas has many challenges in terms of implementation, time, and cost. Precast segmental box girder with external prestressing tendon is considered to be an effective and efficient design alternative. The precast system enables efficiency in mass production so that the execution time can be reduced by a high degree of quality control. External prestressing has the potential for better structural durability and can be easily installed in case of damage or to increase structural capacity. This is a very important characteristic for urban bridges, which disruption of traffic can cause real problems. The use of precast segmental box girder needs to be supported by the right erection system, which in this Final Project is used span-by-span method which its implementation can be done without closing the access road or disturbing the traffic below it.
Precast segmental pier or pillars with precast systems are used in this final project with the aim of shortening work and construction time in-situ or on-site, thereby reducing the traffic constraints in the construction implementation. With the use of high quality concrete, hollow pillars are used, which can reduce material requirements, and reduce the cost for used material.
In this final project will discuss the complete design of flyover structure by using precast segmental system with prestressing tendon to produce design of structure in accordance with the requirements used.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | beton prategang, external prestressing, box girder, metode span-by-span, precast segmental pier, post-tensioned column |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Vanessa - |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 02:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 06:54 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/44890 |
Actions (login required)
View Item |