Analisa Distribusi Tegangan Sistem Sambungan Pada Knock Down River Ferry

Suseno, Cahyo Putro Indro (2017) Analisa Distribusi Tegangan Sistem Sambungan Pada Knock Down River Ferry. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4215105005-Cahyo Putro.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sungai musi merupakan sungai yang lebar dan panjang yang digunakan warga sekitar sebagai sarana hilir mudik. Transportasi sungai menjadi pilihan utama warga sekitar meskipun sudah banyak infrastruktur lainnya. Hingga sekarang, transportasi sungai tetap menjadi pilihan terbaik dikarenakan memiliki waktu tempuh yang relatif singkat dibandingkan dengan jalur darat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan solusi sederhana yang cukup baik, efektif dan cepat ketika dibutuhkan, maka dari itu dibuatlah desain Knock Down River Ferry. Knock Down River Ferry terdiri dari ponton -ponton dengan ukuran tertentu, ponton- ponton dirakit menjadi sebuah kapal dengan kelebihan ponton yang mudah pindahkan atau diangkut perbagian dan dapat dirakit sesuai dengan keadaan sungai yang akan dilewati, serta mudah dirakit di lokasi dalam beberapa hari. Pada kapal dilakukan identifikasi dan perumusan masalah tentang bagaimana desain tentang desain knock down sambungan pada kapal sehingga distribusi beban yang terjadi dapat merata. Dalam proses Analisa didapatkan kekuatan dari pengunci dengan Analisa kondisi berbagai kondisi kapal, tegangan (stress) terbesar terletak pada pengunci nomer 10 dalam kondisi kapal bergerak dengan kecepatan 8 knot sebesar 30.71 MPa dengan safety factor 8.95 dan terendah pada pengunci nomer 1 pada kondisi kapal floating dengan tegangan sebesar 0.91 MPa ======================================================================================================================== Musi river is a wide and very long river used by local citizen for the fro. Water transportation remains the choice of local citizen though other infrastructure was built. Hence today, water transportation remains best choice because it has better time compared to landline.This research aims to get simple solution which is quite good, effective, and quick when needed, then author made Knock Down River Ferry design. Knock Down River Ferry consists of certain size pontoon. Of course this ferry have advantages in moving and assembling. This pontoon can easly assembled in few day and various river width. In this Research there is problem identification and formulation about pontoon joints design of the ferry so force can distributed evenly when receive load. The analysis process obtained the strength of the lock with the variety conditions of the ships, the largest stress lies on the lock number 10 on the ship moving conditions with a speed of 8 knots for 31.85 MPa with safety factor 8.635 and the lowest on the lock number 1 on the floating condition with stress for 0.91 Mpa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kapal Ponton, Knock Down, Distribusi Beban, Sistem Sambungan
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Cahyo Putro Indro Suseno
Date Deposited: 10 Oct 2017 05:19
Last Modified: 06 Mar 2019 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44911

Actions (login required)

View Item View Item