SIMULASI PENERAPAN HULL CHINE TERHADAP TAHANAN, DAYA DORONG DAN STABILITAS KAPAL PADA PB SUBERKO-02

Widodo, Eko Setyo (2017) SIMULASI PENERAPAN HULL CHINE TERHADAP TAHANAN, DAYA DORONG DAN STABILITAS KAPAL PADA PB SUBERKO-02. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4214106014-Complete.pdf]
Preview
Text
4214106014-Complete.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Patrol Boat Suberko-02 adalah kapal cepat yang memiliki lambung berbentuk V shape. Bentuk lambung ini dikenal unggul untuk diterapkan pada kapal cepat karena tahanan yang kecil dan kemampuan manuver yang baik. Dalam upaya peningkatan perfomanya dilakukan modifikasi pada bentuk chine lambung dengan divariasi sudut 0°, 10°, 17° dan tanpa chine. Metode yang digunakan adalah simulasi dengan bantuan permodelan pada Maxsurf.
Parameter yang ditinjau adalah perubahan tahanan, power dan nilai stabilitas, hingga didapati dari hasil penelitian bahwa kapal dengan hull chine 0° memiliki tahanan terendah yaitu sebesar 164,1 kN dengan power yang dibutuhkan (EHP) sebesar 3401,192 hp. Didapatkan penurunan tahanan sebesar 4,88 % dan nilai stabilitas GZ max sebesar1,034 m pada sudut 46,4°, serta Initial GMt pada sudut 0° adalah 2,559 m.
===================================================================
Patrol Boat Suberko-02 is a fast ship that has a V-shaped hull. This form of hull is known to be superior to applied on fast boats because of its has low resistance and good maneuverability. In an effort to increase the performance, modification made on the form of hull chine with variation angle 0 °, 10 °, 17 ° and without chine. The method used is simulation with modeling help with Maxsurf.
The parameters reviewed are the change of resistance, power and stability value,It to be found from the research that the ship with hull chine 0 ° has the lowest resistance of 164.3 kN with the required power (EHP) of 3401,192 hp. A decrease of resistance is 4.88% and a stability value of GZ max of 1.034 m at an angle of 46.4 °, and Initial GMt at an angle of 0 ° is 2.559 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resistance, Power, Stability, Hull Chine
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eko Setyo Widodo
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:36
Last Modified: 06 Mar 2019 06:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44918

Actions (login required)

View Item View Item