Desain Struktur Gedung Apartemen 13 Lantai dengan Menggunakan Balok Beton Pratekan

Ciptadi, Tria (2017) Desain Struktur Gedung Apartemen 13 Lantai dengan Menggunakan Balok Beton Pratekan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116040530-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3116040530-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Gedung Apartemen Puncak Merr merupakan gedung yang pada awalnya terdiri dari 2 tower yang memiliki 41 lantai dan didesain dengan menggunakan struktur beton bertulang.Sebagai bahan studi perancangan bangunan ini di modifikasi menjadi 13 lantai dan beberapa perencanaan balok pada lantai 4 direncanakan menggunakan struktur balok pretekan.Beton pratekan merupakan kombinasi antara beton dengan mutu yang tinggi dan baja bermutu tinggi dikombinasikan dengan cara aktif, sedangan beton bertulang kombinasinya secara pasif. Cara aktif ini dapat dicapai dengan cara menarik baja dengan menahannya kebeton, sehingga beton dalam keadaan tertekan. Karena penampang beton sebelum beban bekerja telah dalam kondisi tertekan, maka bila beban bekerja tegangan tarik yang terjadi dapat di-eliminir oleh tegangan tekan yang telah diberikan pada penampang sebelum beban bekerja.
Untuk menghasilkan perencanaan struktur beton bertulang yang rasional, maka perencanaan ini mengacu pada peraturan-peraturan yang berlaku diantaranya SNI 2847:2013 tentang Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung, SNI 1726:2012 tentang Tata Cara Perencanaan Tahan Gempa Untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung, SNI 1727:2013 tentang
Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain, SNI 7833:2012 Tata Cara Perancangan Beton Pracetak dan Beton Prategang untuk Bangunan Gedung.
Pada tugas akhir ini juga dilakukan perhitungan terhadap rencana anggaran biaya (RAB) dan metode pelaksanaan terhadap satu segmen balok beton pratekan.Rencana anggaran biaya mengacu pada peraturan HSPK Surabaya 2016.
=================================================================Puncak Merr Apartment Building is a building that initially consist of 2 towers which has 41 stories and was designed using concrete reinforced structure. As for study material the design of this building is modified to be 13 stories and some of beam in the 4th story is designed using prestressed beam structure. Prestressed concrete is a combination of high quality concreteand high quality steel that combined in active way, while reinforced concrete is combined in passive way. This active way can be achieved by pulling steel by holding it in a concrete, so that the concrete is in underpressure condition.Since the concrete cross-section before the load work has been in underpressure condition, when the load is working the tensile stress that occurs can eliminated by the compressive stress that applied to the cross section before the load work.
To produce a rational reinforced concrete structure design, the design is referring to the applicable regulationsas SNI 2847:2013 about Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung, SNI 1726:2012 about Tata Cara Perencanaan Tahan Gempa Untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung, SNI 1727:2013 about Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain, SNI 7833:2012 about Tata Cara Perancangan Beton Pracetak dan Beton Prategang untuk Bangunan Gedung.
This final project, the calculation of engineering cost estimate (ECE) and implementation method for one segment of prestressed concrete beam is also estimated. The budget plan is referring to the HSPK Surabaya 2016 regulations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS Cip d
Uncontrolled Keywords: Modifikasi Struktur, Beton Bertulang, Beton Pratekan, RAB, Metode Pelaksanaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Tria Ciptadi .
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:45
Last Modified: 08 Mar 2019 04:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44944

Actions (login required)

View Item View Item