Kajian Teknis Perancangan Sistem Propulsi Waterjet pada Patrol Boat 10,3 m

Maulana, Arief (2017) Kajian Teknis Perancangan Sistem Propulsi Waterjet pada Patrol Boat 10,3 m. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4213100081-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kapal patroli merupakan kapal kecil yang digunakan sebagai kapal polisi, penjaga pantai, atau kapal patroli yang lebih besar untuk bangunan pengeboran minyak di tengah laut. Pada penelitian ini, kapal patroli 10,3 m dirancang mampu berkecepatan hingga 30 knot (sprint) dan beroperasi secara continuous pada kecepatan 20 knot (sail). Berdasarkan permintaan tersebut, pemilihan motor induk dan sistem propulsi dengan tepat amatlah dibutuhkan. Salah satu tipe sistem propulsi kapal untuk aplikasi kapal cepat adalah sistem propulsi waterjet. Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan kajian teknis perancangan waterjet terhadap mode operasi kapal. Kajian teknis dimulai pembuatan skema sistem propulsi. Kemudian melakukan perhitungan tahanan kapal dengan metode Savitsky, perhitungan kebutuhan daya kapal pada mode operasi kapal, dan menganalisis kebutuhan bahan bakar pada setiap variasi kecepatan kapal. Nilai tahanan dihitung dengan dua acara yaitu perhitungan matematis dan pendekatan perangkat lunak. Hasil perhitungan matematis dan pendekatan perangkat lunak masing-masing yaitu 9,859 kN dan 12,4 kN pada kecepatan 30 knot dan 8,895 kN dan 11,3 kN pada kecepatan 20 knot. Setelah prediksi nilai tahanan kapal, perhitungan matematis dilakukan untuk menghitung kebutuhan daya mesin dan putaran mesin pada kecepatan 20 knot (sail mode) dan 30 knot (sprint mode). Hasilnya yaitu 181,24 kW pada putaran mesin 2581,08 rpm dan 276,24 kW pada putaran mesin 2970,38 rpm. Adapun konsumsi bahan bakar atau fuel consumption mesin di kecepatan operasi kapal 20 knot dan 30 knot pada beban kerja waterjet yaitu 47,33 L/h dan 72,83 L/h. ============================================================================ A patrol boat is a small naval that commonly used for coast guard boat, police vessel, or larger patrol boat for oil rig in the middle of sea. On this research, patrol boat 10.3 m designed with two condition which is sail (20 knot) and sprint (30 knot). According to the requirements, choosing a proper main engine and a proper propulsion system is necessary. One kind of ship’s propulsion type is waterjet unit that applicable for high speed craft. The author will make technical study for arrangements of waterjet unit due to operation mode of ship. Technical study will start with make schema of waterjet propulsion. After that, the author makes estimation and calculation of ship resistance with Savitsky method, determine desire propulsive power in various ship speed, and analysis fuel oil consumption in various ship speed. The total resistance estimated by mathematical calculation and software approaches. The result is, consecutively 9,859 kN and 12,4 kN at 30 knots. After prediction total ship resistance, mathematical calculation continued to determine desire power and rotation of main engine at 20 knots (sail mode) and 30 knots (sprint mode). The result is 181,24 kW at 2581,08 rpm and 276,24 kW at 2970,38 rpm. For the engine fuel consumption at ship speed 20 knot and 30 knots with waterjet loaded, the result is, respectively 47,33 L/h and 72,83 L/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Savitsky, Engine Waterjet Matching, Konsumsi Bahan Bakar, Sistem Propulsi Waterjet
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Arief Maulana
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:35
Last Modified: 06 Mar 2019 07:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/44954

Actions (login required)

View Item View Item