Modifikasi Desain Struktur Jembatan Ngancar Kabupaten Ngawi Dengan Sistem Gelagar Beton Pratekan

Takwa, Rama Jaya Pramukti Insani (2017) Modifikasi Desain Struktur Jembatan Ngancar Kabupaten Ngawi Dengan Sistem Gelagar Beton Pratekan. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115040612-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3115040612-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Jembatan Ngancar dibangun sebagai penghubung antara Desa Ngancar dan Desa Ngale Kabupaten Ngawi. Jembatan ini membuat jarak tempuh dari desa Ngancar menuju Kota Ngawi dapat dipangkas.
Kondisi existing jembatan saatini adalah menggunakan system rangka baja, dengan konfigurasi bentang 12m – 50m - 50m – 12m. Jembatan Ngancar direncanakan menggunakan I Girder pada bentang 50m dan beton bertulang pada bentang 12m.
Struktur Utama dari jembatan Ngancar berupa balok prategang (PCI) dengan metode post tension dan mutu beton K-800, dan untuk jembatan pendekat menggunakan beton bertulang dengan metodecast insitu. Untuk plat lantai, tiang sandaran, kerb menggunakan konstruksi beton bertulang dengan metode cast insitu. Pilar dan Abutment jembatan juga direncanakan menggunakan beton bertulang dengan metode cast insitu. Pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang dengan jumlah tertentu dan pada kedalaman tertentu. Desain jembatan ini menggunakan pedoman dari Design Struktur Beton Prategang (T.Y Lin dan Burns. 1982), RSNI T-02-2005 (Peraturan Pembebanan Untuk Jembatan) dan Bridge Design Manual (BMS BDM, 1992), Bridge Design Code (BMS BDC, 1992). Selain itu perencanaan jembatan ini juga mengambil beberapa sumber pustaka sebagai bahan referensi.

=================================================================

Ngancar Bridge built to conect between Ngancar Village and Ngale Village. This bridge makes the distance from Ngancar village to Ngawi City can be trimmed.
The current condition of the bridge is using a steel frame system, with a 12m - 50m - 50m - 12m span configuration. Ngancar Bridge is planned to use I Girder on 50m span and reinforced concrete in 12m span.
The main structure of the Ngancar bridge is a prestressing beam (PCI) with post tension method and K-800 concrete quality, and for the approaching bridge using reinforced concrete with in situ method. For floor plates, poles, kerbs use reinforced concrete construction with cast insitu method. Pillars and Abutment bridges are also planned to use reinforced concrete with insitu cast method. The foundation used is a pile foundation with a certain amount and at a certain depth. The design of this bridge uses guidelines from the Design Struktur Beton Prategang (TY Lin and Burns 1982), RSNI T-02-2005 (Peraturan Pembebanan Untuk Jembatan) and Bridge Design Manual (BMS BDM, 1992), Bridge Design Code (BMS BDC, 1992 ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modification, Ngancar Bridge, PCI Girder.
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Rama Jaya Pramukti Insani Takwa
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:23
Last Modified: 08 Mar 2019 03:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45006

Actions (login required)

View Item View Item