Pemodelan Transportasi Moda Sepeda Motorkota Samarinda Untuk Tahun 2016

Praditya, Norbertus Dwi Ariyadi (2017) Pemodelan Transportasi Moda Sepeda Motorkota Samarinda Untuk Tahun 2016. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115206006-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3115206006-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Samarinda, sebagai ibukota dari provinsi Kalimantan Timur memiliki perkembangan kota yang relatif cukup lambat khususnya dalam perkembangan jaringan jalan transportasi. Dimana pertumbuhan penduduk kota Samarinda semakin besar, hal itu juga harus diselaraskan dengan perkembangan jaringan jalan kota Samarinda yang menjadi jalan penghubung. Jika tidak adanya perkembangan jaringan jalan yang cukup, maka banyak terjadi ruas jalan yang mengalami overload. Oleh karena itu perlu dilakukannya penelitian tesis Pemodelan Transportasi sepeda motor Kota Samarinda Pada Tahun 2016, guna mengatasi permasalahan yang ada dalam kota Samarinda tersebut
Penelitian ini diawali dengan menggunakan beberapa perhitungan model 4 langkah pemodelan transportasi yang terdiri Trip Generation, Trip Distribution, dan Trip Assignment pada semua zona kelurahan yang ada dan berhubungan langsung dengan pusat kota Samarinda dan beberapa titik arus masuk keluar menuju atau keluar dari pusat kota ke zona luar kota. Data yang digunakan dalam pemodelan ini adalah data pencacahan lalu lintas dan beberapa data pendukung untuk penelitian ini. Data yang sudah didapat akan dihitung dalam perhitungan Model 4 langkah dan dibantu dengan analisis pada aplikasi perangkat lunakPTV Visum.
Hasil analisis pemodelan transportasi dengan bantuan Visum adalah total jumlah pergerakan total 162.630 motor pada peak hour pagi dengan ruas jalan yang paling besar adalah Jl. D.I Panjaitan dengan nilai pergerakan 5905 motor. Validasi dan kalibrasi yang dilakukan sebanyak 6 kali perhitungan. Penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya dimana dapat mencari solusi atas permasalahan tiap ruas jalan dan juga untuk studi wilayah lainnya.
=================================================================
Samarinda City, as the capital of East Kalimantan province has relatively slow development in road network. The road development progress is far less compared to population growth. In the lack of sufficient road network development, many road are overloaded. Road development program needs the transport model. Therefore thesis research is designated to develop Motorcycle Transport Model for Samarinda City In the Year 2016, in order to be used for solving the existing road network problem.
This research was conducted by using conventional model, consists of Trip Generation, Trip Distribution, and Trip Assignment. The modelling area is divided into 25 internal zones and 5 external zones. The into and out from traffic volumes were counted in each of city entrance. The data already obtained will be calculated in the 4-step Model calculation and by using Excel and PTV Visum software for calculating the traffic assignment.
The modelling calculation give the total motorcycle trip movement of 162.630 motorcycles at morning peak hours. The important traffic volume are in D.I Panjaitan street at 5905 motorcycle/hour, Slamet Riyadi boulevard at 5496 motorcycle/hour, and P. Antasari boulevard at 5193 motorcycle/hour. Validation and calibration has been done in 6 times calculation. This research is expected to be continued to develop model for other cities.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemodelan, Model 4 langkah, Kota Samarinda, Jaringan Jalan, Perangkat lunak PTV Visum, Urban Transport Model, 4 Step Conventional Model, Samarinda City, Road Network, Visum Software
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Norbertus Dwi Ariyadi Praditya
Date Deposited: 06 Oct 2017 08:59
Last Modified: 08 Mar 2019 04:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45120

Actions (login required)

View Item View Item