Analisa Performa dan Emisi pada Sistem Exhaust Gas Recirculation Motor Diesel Menggunakan Bahan Bakar Biodiesel Minyak Serai Wangi

Rahardi, Ryan Ananta Mufied (2017) Analisa Performa dan Emisi pada Sistem Exhaust Gas Recirculation Motor Diesel Menggunakan Bahan Bakar Biodiesel Minyak Serai Wangi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213100111-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213100111-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minyak serai wangi merupakan minyak nabati yang termasuk ke dalam golongan minyak atsiri. Dalam beberapa tahun terakhir, minyak serai wangi sedang diteliti agar dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar. Beberapa hal yang mendasari ide tersebut adalah minyak atsiri memiliki karakteristik yang menyerupai bahan bakar minyak bumi. Selain itu, komponen oksigen yang terkandung dalam struktur kimia minyak atsiri diharapkan dapat menyempurnakan proses pembakaran. Proses pembakaran yang sempurna dapat membuat temperatur ruang pembakaran yang lebih tinggi sehingga terbentuklah emisi NOx. Sehingga pada penelitian ini digunakan sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR) sebagai pereduksi emisi NOx. Penelitian ini menggunakan berbagai variasi campuran minyak serai wangi pada pertamina dex dan MDO yang diuji pada motor diesel Yanmar TF85-MHDI satu silinder. Hasil yang didapatkan dari eksperimen ini adalah minyak serai wangi yang dicampurkan pada pertamina dex, menghasilkan performa mesin yang menurun, baik daya, torsi maupun BMEP pada semua kondisi. Saat minyak serai wangi dicampurkan pada MDO, performa yang dihasilkan cenderung meningkat sejak RPM 2100 & beban 4000 Watt hingga RPM 2200 & beban 5000 Watt, tetapi hasil SFOC dari bahan bakar ini cenderung lebih tinggi. Penggunaan sistem EGR pada penelitian ini memberikan dampak yang cukup baik dari segi performa dan kandungan emisi yang dihasilkan. Performa dari masing-masing bahan bakar sedikit lebih tinggi pada RPM dan beban rendah hingga menengah. Dari sisi emisi, terjadi penurunan kandungan NOx yang signifikan pada bahan bakar campuran minyak serai wangi dengan MDO jika dibandingkan dengan MDO murni.
================================================================================================================================
Lemongrass oil is a vegetable oil that belongs to the essential oil group. In recent years, lemongrass oil is being observed for use as a fuel mixture. Some of the things that underlie the idea are essential oils have characteristics that resemble petroleum fuels. In addition, the oxygen components contained in the chemical structure of essential oils are expected to enhance the combustion process. The perfect combustion process can create a higher combustion chamber temperature resulting in NOx emissions. Because of that Exhaust Gas Recirculation (EGR) system is used as NOx emission reducer. This study used a variety of mixtures of citronella oil on Pertamina dex and MDO tested on a single-cylinder Yanmar TF85-MHDI diesel motor. The results obtained from this experiment are the lemongrass oil mixed in pertamina dex, resulting in decreased engine performance, both power, torque and BMEP in all conditions. When the lemongrass oil is mixed on the MDO, the resulting performance tends to increase when RPM 2100 & 4000 Watt load up to RPM 2200 & 5000 Watt load, but SFOC results from this fuel tend to be higher. The use of the EGR system in this study provides a good impact in terms of performance and emission content generated. The performance of every fuel is slightly higher at low RPM and load to medium RPM and load. In terms of emissions, there is a significant decrease in NOx content in fuel blend of lemongrass oil with MDO when compared with pure MDO.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minyak Serai Wangi, Biodiesel, Analisa Performa dan Emisi, Sistem Exhaust Gas Recirculation, Motor Diesel
Subjects: Q Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ryan Ananta Mufied Rahardi
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:23
Last Modified: 25 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45213

Actions (login required)

View Item View Item