Analisa Kekuatan Memanjang dan Longitudinal Buckling pada Kapal Survei Seismik Geomarin IV

Hidayat, Tsany Naufal (2017) Analisa Kekuatan Memanjang dan Longitudinal Buckling pada Kapal Survei Seismik Geomarin IV. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4313100078-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4313100078-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebuah bangunan laut terapung pasti akan terpapar oleh beban gelombang pada saat beroperasi. Beban gelombang ini akan berinteraksi dengan berat struktur terapung dan akan menimbulkan efek gaya geser serta selanjutnya momen lengkung. Kondisi ini akan menjadi semakin buruk seiring dengan meningkatnya ekstrimitas kondisi lingkungan. Pada tugas akhir ini, permodelan lambung bangunan laut berupa kapal survei seismik akan dilakukan dengan menggunakan software MOSES untuk mendapatkan data RAO heave dan pitch dari kapal yang telah dimodelkan. Data ini digunakan untuk menghitung distribusi beban dan buoyancy sepanjang lambung. Analisa dilanjutkan dengan menggunakan pendekatan quasi-statis untuk mendapatkan nilai shear force dan bending moment sepanjang lambung pada tiap – tiap frekuensi gelombang. Setelah itu dilakukan analisa longitudinal buckling pada kapal survei seismik geomarin IV untuk menujukkan bahwa kapal telah memenuhi standard kekuatan puncak sesuai dengan persyaratan klasifikasi. Setelah dilakukan analisa diperoleh hasil stress terbesar pada kondisi yang telah ditingkatkan ekstrimitasnya terjadi dengan nilai 22395 MPa pada kondisi full load dan 30654 MPa pada kondisi light load. Kedua harga ini masih memenuhi persyaratan kekuatan memanjang yang disyaratkan oleh BKI yaitu 95904 MPa. Selain itu hasil indikator longitudinal buckling pada kapal survei seismik Geomarin IV untuk kondisi full load yaitu 0.000203 dan 0.00259 untuk kondisi light load. Keduanya masih di bawah indikator longitudinal buckling yang disyaratkan oleh BKI yaitu sama atau lebih dari 1.0. Karena itu diyakini kapal survei seismik Geomarin IV tidak akan mengalami kegagalan longitudinal buckling pada kondisi operasi.==========================================================
A floating offshore structure always exposed from wave force when operated. Wave force that interact with the weight of offshore structure will generate a shear force and also a bending moment. This condition will get worse along with the increasing extremity of environmental condition. In this essay, the hull of seismic survey ship will be modeled using software MOSES to create heave and pitch RAO from the ship that has been modeled. This RAO data will be needed to calculate weight distribution and buoyancy along the ship’s hull. Then quasi-static approach will be used to generate shear force and bending moment along the hull in every frequency. After that, longitudinal buckling analysis will be done in order to ensure that the ship has satisfied the classification requirement. The result show that maximum stress in environmental that has been increased its extremity is 22395 MPa in full load condition and 30654 MPa in light load condition. Both of them satisfy the requirement from Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) which is 95904 MPa. Furthermore, the result of longitudinal buckling indication for full load condition is 0.000203 and 0.00259 for light load condition. Both satisfy the requirement from BKI which is equal to or more than 1.0. Therefore, it is believed that seismic survey ship Geomarin IV will not experience longitudinal buckling under operating condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kapal survei seismik, Kekuatan struktur memanjang,Longitudinal buckling, Ultimate strength
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tsany Naufal Hidayat
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:05
Last Modified: 08 Mar 2019 04:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45223

Actions (login required)

View Item View Item