Perencanaan Bangunan Pelindung Pantai Untuk Menanggulangi Masalah Erosi di Pantai Lontar, Kota Tangerang

Pratama, Dias Titis Budi (2017) Perencanaan Bangunan Pelindung Pantai Untuk Menanggulangi Masalah Erosi di Pantai Lontar, Kota Tangerang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4313100060-undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
4313100060-undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Daerah pantai merupakan area dinamis yang selalu berubah-ubah karena adanya interaksi antara pantai dengan gelombang, arus, angin, pasang surut dan lain sebagainnya. Interaksi antara pantai dengan gelombang, arus, pasang surut dan angin ini dapat menyebabkan erosi di area pantai. Daerah pantai Lontar megalami erosi yang dapat mengacam daerah di belakag garis pantai. Oleh karena itu perlu di cari alteratif perencanaan bangunan yang sesuai untuk menanggulangi masalah tersebut. Hasil analisa alternatif perencanaan bangunan yang sesuai di peroleh dengan melakukan pemodelan menggunakan software delft3D. Altenatif yang direncanakan untuk menanggulangi masalah erosi pantai lontar yaitu merencanakan struktur revetment sepanjang 3000 meter dan jetty dengan dua ukuran panjang 746 meter dan 322 meter. Berdasarkan analisa tugas akhir ini di dapat alternatif yang sesuai untuk menanggulangi masalah erosi yang terjadi adalah dengan membangun sruktur revetment sepanjang 3000 meter dan strukur jetty sepanjang 322 meter.
=============================================================================================
The coastal area is a dynamic area that is always changing due to the interaction between the beach with the waves, currents, winds, tides and other. The interaction between beach with waves, currents, tides and winds can cause erosion in coastal areas. The Lontar beach area has an erosion that can widen the area behind the coastline. Therefore it is necessary to find an appropriate alterative building planning to tackle the problem. The result of an alternative analysis of appropriate building planning is obtained by modeling using delft3D software. The planned alternative to solve the erosion problem is to plan a 3000 meter revetment structure and jetty 746 meters and 322 meters on lengths. Based on the analysis of this final task in the appropriate alternatives to overcome the problem of erosion that occurs is to build a 3000 meter revetment structure and jetty 322 meters on lengths.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: erosi pantai, alternatif penanggulangan erosi, perencanaan bangunan pelindung pantai
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dias Titis Budi Pratama
Date Deposited: 29 Sep 2017 06:51
Last Modified: 06 Mar 2019 07:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45276

Actions (login required)

View Item View Item