Rahmani, Azalia Putri Cahyaning (2017) Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Persepsi Dan Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Kategori Merek Mewah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2813100023-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan penggunaan media sosial, khususnya pada YouTube, menimbulkan adanya tren baru yaitu vlog. Tren vlog memunculkan beauty vlogger yang khusus mengulas dan memberikan tutorial mengenai produk kosmetik. Penggunaan produk kosmetik bermerek mewah pun kerap dijumpai pada berbagai video yang diunggah oleh beauty vlogger. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model struktural antara PSI (Parasocial Interaction) pada vlog yang ditampilkan oleh beauty vlogger terpilih terhadap persepsi merek mewah dan niat pembelian; menganalisis perbedaan persepsi kelompok responden dari 6 universitas di Surabaya terhadap variabel penelitian dan menganalisis atribut terpenting dalam konten vlog. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif-deskriptif multi cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengisian kuesioner self-administreted kepada 240 mahasiswi di 6 universitas di Kota Surabaya. Temuan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara antesenden PSI (social attractiveness, physical attractiveness dan attitude homophily) terhadap PSI serta PSI mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada persepsi merek mewah (luxury brand value, brand-user-imagery fit dan brand luxury) namun hanya luxury brand value yang memiliki pengaruh positif dan signifikan pada purchase intention. Pada 6 kelompok responden, didapatkan 4 variabel yang memiliki perbedaan yang signifikan menggunakananalisis one way ANOVA. Sedangkan temuan yang didapatkan pada analisis multiatribut Fishbein yaitu responden menanggapi positif bahwa konten vlog menjadi hal yang diperhatikan ketika menonton vlog serta atribut paling penting pada konten vlog adalah speech. Implikasi manajerial dapat diaplikasikan oleh pemasar produk kosmetik kategori merek mewah untuk meningkatkan persepsi merek mewah dan minat pembelian konsumen. Sehingga persepsi merek mewah dan minat pembelian konsumen, dapat meningkatkan keuntungan bagi pemasar. Originalitas dari penelitian ini berfokus pada PSI yang dapat disebabkan oleh beauty vlogger. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan persepsi merek mewah konsumen dan minat pembelian terhadap produk kosmetik kategori merek mewah
=================================================================
The increase in social media usage, especially youtube, has led into a new trend, namely Vlog. In Vlog, Beauty Vloggers, people who create and post videos about cosmetics, review about cosmetics and give makeup tutorials. The use of luxury brand cosmetics by beauty vloggers is often found in their videos. Therefore, this study aims to analyze the structural model between PSI, which vlogs presented by selected beauty vloggers towards luxury brand perception, and purchase intention;analyze differences in perception by respondents from six universities in Surabaya on the research variables; and analyze the most important attribute in vlog content. The research design that will be used in this study is conclusive-descriptive research with multi cross-sectional design. Data collection has been done using by self-administrated questionnaire method to 240 students from 6 different universities in Surabaya. Result of this research is to prove that there are significant and positive effect among antecendents of PSI which are social attractiveness, physical attractiveness and attitude homophily to PSI. Moreover, PSI has significant and positive effect to luxury brand perception which are luxury brand value, brand-user-imagery fit and brand luxury, but only luxury brand value that has significant and positive effect to purchase intention. From six respondent groups, One way ANOVA analysis prove that there are significant differences on four out of eight variables. Result from Fishbein multiatribut analysis is positive attention from respondent that vlog content becomes centre of interest, while speech becomes most important attribute on vlog content. Managerial implications can be implemented by luxury brand cosmetics markeeters to enhance luxury brand perception and customer purchase intention. Hence, both luxury brand perception and customer purchase intention can increase marketeers profitability. Novelty of this research is focused PSI that can be affected by beauty vlogger. Thus, it can increase consumer luxury brand perception and purchase intention of luxury brand cosmetics
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beauty Vlogger, PSI, Persepsi Merek Mewah, Minat Beli, Structural Equation Modelling, one way ANOVA. Purchase Intention, Structural Equation Modelling, one way ANOVA. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Azalia Putri Cahyaning Rahmani |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 04:38 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 04:05 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/45318 |
Actions (login required)
View Item |