Pamungkas, Muhammad Ramadhan (2017) Pemodelan Aplikasi Turbocharger Cut Off dikarenakan Pengoperasian Slow Steaming pada 12RTA96C-B Engine. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4213101037-Ungraduated_Theses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dari total biaya operasional sebuah kapal, biaya bahan bakar mencapai proporsi tertinggi. Mengingat situasi ekonomi global dan kenaikan harga minyak, pemilik kapal dan penyewa kapal mencari solusi untuk mengurangi biaya dengan mengurangi konsumsi bahan bakar. Operasi dengan beban rendah, juga dikenal sebagai "slow steaming", merupakan cara yang paling efektif dan populer saat ini untuk mengurangi biaya bahan bakar dan, akibatnya, total biaya operasional menurun untuk meningkatkan daya saing di pasar. Operasi dengan beban rendah dimungkinkan dan ada kecenderungan meningkat untuk beroperasi pada rentang beban mesin yang sangat rendah ini. Karena mesin tidak dirancang untuk kondisi operasional ini, berbagai modifikasi retrofit pada mesin dapat mengimbangi hal ini. Dengan menggunakan operasi beban rendah, pengurangan RPM memberi masalah saat berlayar dengan kecepatan rendah. Sebuah turbocharger (TC) memampatkan udara masuk ke tekanan tinggi dan setelah mendinginkan udara bertekanan ini menghasilkan massa udara yang lebih tinggi di dalam silinder. Tapi saat beroperasi di daya rendah, udara ini mencapai suhu yang terlalu rendah untuk proses pembakaran yang optimal. Salah satu solusinya berasal dari perusahaan Wärtsilä. Mereka memasang apa yang disebut "low steam engine kits". Saat kit ini dipasang, memungkinkan operator mesin memotong satu turbocharger mesin, hasil ini ada pada RPM yang lebih tinggi untuk turbocharger operasi. Bila TC yang tersisa memiliki RPM yang lebih tinggi, efisiensinya akan meningkat dan memberi mesin lebih banyak udara untuk pembakaran. Tujuan dari tesis ini adalah untuk membuat pemodelan perhitungan dan membuktikan bahwa dengan mematikan satu atau lebih turbocharger pada sistem akan meningkatkan efisiensi dalam slow steaming. Disamping itu, skripsi ini bertujuan untuk memperkirakan kinerja mesin pada kedua kondisi operasi.
=========================================================
Out of the total operational costs of a ship, fuel costs account for by far the highest proportion. In view of the global economic situation and the rising oil prices, shipowners and charterers are looking for solutions to cut costs by reducing fuel consumption. Low load operation, also well-known as “slow steaming”, represents the currently most effective and popular measure to cut fuel costs and, in consequence, the total operational costs for increased competitiveness in the market. Low load operation is possible and there is an increasing trend to operate in these very low engine load ranges. As the engines were not designed for this operational condition, various retrofit modifications to the engine can compensate for this. By using low load operation, the reduction of the RPM gives problems when sailing at low speed. A turbocharger (TC) compresses inlet air to a high pressure and after cooling this compressed air it results in higher mass of air in the cylinder. But when running at a low power load this air reaches temperatures that are too low for an optimal combustion process. One of the solution comes from the company Wärtsilä. They install so called “low steam engine kits”. When this kit is installed it allows the engine operators to cut off one turbocharger of the engine, this result’s in a higher RPM for the operating turbochargers. When the remaining TC’s have a higher RPM their efficiency improves and gives the engine more air for combustion.
The goal of this Bachelor thesis is to make a calculation modelling and prove that by switching off one or more turbocharger on the system will improve the efficiency in slow steaming operation. Beside that, this thesis is aims to estimated the performance of the engine in both operation condition.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operasi Slow Steaming,Pemodelan Turbocharger Cut Off, 12RTA96C-B Engine |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Ramadhan Pamungkas |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:15 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 01:15 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/45367 |
Actions (login required)
View Item |