Analisa Kenyamanan Termal pada Gerbong Light Rail Transit (LRT) Palembang terhadap Variasi Bentuk Ducting menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD)

Majid, Yaritsa Adnin (2017) Analisa Kenyamanan Termal pada Gerbong Light Rail Transit (LRT) Palembang terhadap Variasi Bentuk Ducting menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2413100140-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2413100140-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu transportasi umum yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah guna mengurangi dampak kemacetan adalah Light Rail Transit (LRT) yang akan digunakan di Palembang. Dalam perancangannya, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya kenyamanan termal. Dimana salah satu aspek dalam kenyamanan termal adalah Cooling load untuk memperkirakan kapasitas dari AC yang akan digunakan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kenyamanan pada ruang atau gerbong yaitu temperatur udara, kelembaban udara, dan kecepatan gerak udara dalam ruangan. Selain itu, untuk menerapkan sistem tata udara yang efisien, simulasi ukuran dan bentuk ducting dilakukan untuk melihat kenyamanan termal yang ada didalam gerbong sistem. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapatkan bahwa cooling load dari tiap gerbong yaitu 36.160,96 kcal/hr untuk gerbong MC dan 39.601,15 kcal/hr untuk gerbong T. Dari hasil simulasi didapat nilai rata-rata temperatur udara variasi ducting persegi panjang pada gerbong MC sebesar 22.47 ºC dan pada gerbong T sebesar 23.2 ºC. Untuk variasi ducting lingkaran pada gerbong MC sebesar 22.84 ºC dan pada gerbong T sebesar 23.7 ºC. Kecepatan udara rata-rata yang mengenai penumpang pada variasi ducting persegi panjang untuk gerbong MC sebesar 0.4 m/s dan untuk gerbong T sebesar 0.44 m/s. Untuk kecepatan udara rata-rata yang mengenai penumpang pada variasi ducting lingkaran untuk gerbong MC sebesar 0.7 m/s dan untuk gerbong T sebesar 0.78 m/s. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kecepatan udara rata-rata yang mengenai penumpang dari ducting bentuk persegi panjang lebih kecil nilainya daripada ducting bentuk lingkaran.

=============================================================================

Light Rail Transit (LRT) is one of public transportation under development by the Government to reduce the impact of traffic light which will be used in Palembang. In the design, there are several aspects that need to be concern such as thermal comfort. Cooling loads also need to be calculated to estimate the capacity of Air Conditioner. There are several factors that affect train thermal comfort level such are air temperature, air humidity, and speed of air movement in the room. Based on the research, it was found that the cooling load of each vehicle was 36,160,96 kcal / hr for MC train and 39,601.15 kcal / hr for T train. By determining the size and shape of the ducting, a simulation was performed to see the thermal comfort level of train. The simulation indicates that the average value of rectangular ducting variation temperature in MC train is 22.47 ºC and in T train is 23.2 ºC. And for circle shape ducting variation, the result indicates that temperature in MC train is 22.84 ºC and in T train is 23.7 ºC. The average air velocity on passengers on rectangular ducting variation in MC train is 0.4 m / s and in T train is 0.44 m / s. The average air velocity on circular ducting MC train is 0.7 m / s and 0.78 m / s for T train. Thus can be conclude that the average velocity of air rectangular shape ducting is smaller than the circular shape ducting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kenyamanan termal, cooling load, light rail transit
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yaritsa Adnin Majid
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:15
Last Modified: 08 Mar 2019 02:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45452

Actions (login required)

View Item View Item