Studi Kelayakan Penentuan Umur Kapal Penumpang Untuk Konversi Diesel Engine Menjadi Dual Fuel Diesel Engine Dengan Metode Dinamika System (System Dynamics)

Prakoso, Miranto Anggriawan (2017) Studi Kelayakan Penentuan Umur Kapal Penumpang Untuk Konversi Diesel Engine Menjadi Dual Fuel Diesel Engine Dengan Metode Dinamika System (System Dynamics). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4213100027-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan potensi minyak dan gas bumi yang melimpah, tetapi dengan adanya perkembangan zaman semakin kedepan maka potensi dari minyak bumi semakin menipis. Kondisi potensi gas alam Indonesia selama ini masih banyak diekspor dan masih belum dimanfaatkan secara maksimal, baik pada industri transportasi maupun industri berpotensi lainya yang bisa meningkatkan perekonomian Indonesia. Dunia perkapalan merupakan kontribusi terbesar dalam memanfaatkan energi. Selama proses perjalanan, kapal akan menghabiskan energi yang berupa minyak bumi yaitu solar (HSD) dengan biaya yang besar, terlebih dengan semakin banyaknya jumlah kapal yang ada di Indonesia yang juga merupakan salah satu negara kepulauan terbesar didunia. Perlu adanya pemanfaatan energi selain minyak bumi untuk konsumsi energi pada kapal. Karena kondisi minyak bumi yang semakin menipis dan memliki harga yang selalu fluktuatif dengan kisaran yang berbeda – beda. PT. PELNI memiliki sebagian besar armada kapal berupa kapal penumpang dengan tingkat konsumsi bahan bakar minyak pada mesin penggerak kapal yaitu Diesel Engine Konvensional yang memiliki kapasitas daya besar. Teknologi Dual Fuel Diesel Engine merupakan teknologi baru yang sudah hadir dibeberapa negara maju dalam memanfaatkan gas alam cair berupa (Liquified Natural Gas) LNG sebagai bahan bakar mesin penggerak kapal. Untuk memanfaatkan LNG sebagai bahan bakar perlu dilakukan Retrofit (penggantian mesin/Engine) dari Diesel Engine Konvensional menjadi Dual Fuel Diesel Engine, dan memperhitungkan waktu umur kapal yang layak ketika diRetrofit. Studi Kelayakan pada penentuan umur kapal penumpang dari Diesel Engine Konvensional menjadi Dual Fuel Diesel Engine menggunakan metode Dinamika Sistem (System Dynamic). Pada perencanaan Retrofit memperhatikan kondisi fluktuasi harga antara harga bahan bakar minyak (HSD) dengan harga LNG serta dengan memperhatikan kondisi – kondisi lainya yang mempengaruhi yaitu seperti kondisi biaya maintenance, Overhaul, pelumas, kebutuhan berat dan selisih berat pada saat sebelum dan setelah dilakukan Retrofit. Pada penelitian ini pengaruh terbesar dalam perubahan kelayakan umur kapal penumpang jika diRetrofit terjadi pada perubahan bahan bakar. Semakin jauh selisih harga bahan bakar minyak (HSD) dan LNG maka akan semakin jelas terlihat sisi kelayakan dari umur kapal penumpang. ==================================================================== Indonesia is a country with natural potential resources such as oil and gas, but with the development of the future increase, the potential of petroleum is increasingly depleted. The potential condition of Indonesia's natural gas is still widely exported and still not maximally used, both in the transportation industry and other potential industries that can improve the Indonesian economy. The shipping world is the biggest contribution to energy use. During the trip, the ship will spend energy in the form of petroleum that is diesel (HSD) with a large cost, especially with the increasing number of ships in Indonesia which is also one of the largest archipelagic countries in the world. It is necessary to use energy other than petroleum for energy consumption on ships. Due to the increasingly depleted petroleum conditions and prices that always fluctuate with different ranges. PT. PELNI owns most of the fleet of passenger’s vessels with fuel consumption level on ship propulsion Engines namely conventional Diesel Engine which has a big capacity of engine power. Dual Fuel Diesel Engine technology is a new technology that has been present in some developed countries in utilizing LNG Liquified Natural Gas (LNG) as a fuel of ship's Engine. To utilize LNG as fuel, it is necessary to Retrofit from conventional Engine Diesel Engine to Dual Fuel Diesel Engine, and take into account the proper lifespan of the vessel when conversion. Feasibility Study on determining the life of passenger’s vessel from Conventional Diesel Engine to Dual Fuel Diesel Engine has been done by using System Dynamic method. In doing retrofit, this study considers the condition of price fluctuation between the price of fuel oil (HSD) with LNG price and by paying attention to other conditions such as maintenance cost, Overhaul, Lubricant, Heavy Requirement and a big difference at before and after the Retrofit. In this study, the greatest influence of the change in the life of the passenger ship caused by conversion is the fuel changes. This study shows that the bigger price difference between fuel oil (HSD) and LNG, the engine conversion has better economic feasibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.824 3 Pra s
Uncontrolled Keywords: Umur Kapal, Diesel Engine, Dual Fuel Diesel Engine, Dinamika Sistem (System Dynamics)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Miranto Anggriawan Prakoso
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:38
Last Modified: 08 Mar 2019 03:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45476

Actions (login required)

View Item View Item