Hardhita, Didit Widya (2017) Pengaturan Kecepatan Motor Dc 2 X1850 Kw Dengan Logika Fuzzy Pada Sistem Propulsi Listrik Wahana Bawah Air 60 M. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4215105006-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Sistem propulsi listrik adalah sistem penggerak yang menggunakan motor listrik sebagai main propulsion. Pembaharuan dalam sistem propulsi dilakukan sebagai alternatif atas ketersediaan energi yang semakin hari kian menipis namun kebutuhan yang semakin meningkat . Penggunaan motor listrik telah digunakan pada wahana bawah air. Penggunaan motor listrik DC sebagai main propulsion dipilih karena mempunyai beberapa keuntungan daripada motor AC dan mesin diesel . Hal ini dikarenakan lebih mudah pada pengaturan putaran , serta tidak menimbulkan kebisingan saat wahana bawah air menyelam . Penulisan tugas akhir ini akan mengkaji aplikasi dari motor DC sebagai electric motor propulsion pada wahana bawah air 60 m menggunakan metode simulasi Matlab untuk motor DC rangkaian seri dan paralel . Sehingga didapatkan karakteristik dari motor DC untuk putaran dan torsi sebagai karakteristik utama motor . Kemudian dilakukan analisa putaran dan torsi yang dibutuhkan untuk menggerakkan kapal , performa motor DC pada setiap variasi beban , efisiensi rangkaian ,sampai perhitungan lama baterai menyelam. Kemudian dilakukan juga penggunaan Fuzzy Inference System dengan simulasi pada Matlab untuk merepresentasikan hubungan putaran dan torsi yang dibutuhkan untuk menggerakan kapal . Hasil yang diharapkan adalah fuzzy mampu menilai putaran yang dihasilkan kapal pada suatu kedalaman dan mengatur kebutuhan tingkat torsi yang dibutuhkan kapal . ================================================================================================================================
Electric propulsion system is a propulsion system that uses electric motors as main propulsion. Renewal in the propulsion system is done as an alternative to the availability of energy that is increasingly depleted day but the increasing need. The use of electric motors has been used on the underwater vessel. The use of DC electric motors as main propulsion is chosen because it has several more advantages than AC and diesel engines. This is because it is easier on speed control settings, and does not cause noise when the underwater vessel dive. This thesis will examine the application of a DC motor as an electric motor propulsion on a 60 m underwater vessel using Matlab simulation method for DC motors series and parallel series. So we get the characteristics of the DC motor for rotation per minute and torque as the main characteristics of the motor. Then performed the rotation analysis and torque required to drive the ship, the performance of DC motor at each load variation, circuit efficiency, until the old battery dive calculation. Then we also use Fuzzy Inference System with simulation in Matlab to represent the rotation and torque needed to move the ship. The expected result is fuzzy able to assess the ship's resulting rotation at a depth and regulate the required torque level required by the vessel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dc motor, Propulsion, alternative energy, fuzzy, underwater vehice |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | DIDIT WIDYA HARDHITA DIDIT WIDYA HARDHITA |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:14 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/45705 |
Actions (login required)
View Item |