Studi analisa transient response first order dan second order theory pada sistem kontrol pneumatis menggunakan instrumen feedback tipe pcm140

Hidayaturrahman, Taufiq (2017) Studi analisa transient response first order dan second order theory pada sistem kontrol pneumatis menggunakan instrumen feedback tipe pcm140. Undergraduate thesis, Institute Technology of Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4214106002-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4214106002-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang marine, khususnya pada kapal beberapa pengaplikasian dari sistem kontrol pneumatis dapat ditemukan adalah pada ramp door kapal, pintu navigasi, maupun mekanisme valve yang menggunakan fluida udara sebagai penggeraknya. Pengertian umum dari sistem kontrol itu sendiri adalah proses pengaturan/pengendalian terhadap satu atau beberapa besaran sehingga berada pada suatu harga atau dalam rangkuman harga tertentu. Secara sederhana prinsip dari kontrol otomatis, yaitu membandingkan nilai yang sebenarnya dari keluaran (output) sistem secara keseluruhan (plant) dengan mengacu pada masukan (input). Berdasarkan proses pengendaliannya, sistem kontrol dibedakan menjadi rangkaian terbuka (open loop) dan tertutup (closed loop). Untuk menguji performa dari instrumen feedback tipe PCM140 dapat menggunakan sinyal uji untuk mengetahui respon sistem, diantaranya adalah sinyal step, ramp, dan sinusoidal baik untuk sistem orde pertama ataupun kedua. Sedangkan pada sistem orde kedua akibat adanya peredaman pada sistem, muncul karakteristik berupa damping ratio dan overshoot. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan cara melakukan percobaan secara berulang ulang dan melakukan analisa data percobaan. Pada hasil analisa didapatkan nilai waktu konstan 0,151 detik (orde satu) dan 0,359 detik (orde dua), dengan waktu delay 1,056 detik (orde satu) dan 0,013 detik (orde dua). Pada sistem orde dua memiliki damping ratio sebesar 0,3 dengan overshoot sebesar 0,37%. Nilai frekuensi sinusoidal sebesar 88,13 dengan amplitudo rasio sebesar 1,208, terbentuk sudut fase sebesar 85,71° untuk orde satu dan nilai sinusoidal sebesar 0,762, dengan amplitudo rasio 1,66, terbentuk sudut fase 76,59° untuk (orde kedua). Hal ini sekaligus membuktikan dengan adanya peredaman, respon sistem menjadi lebih halus (getaran lebih sedikit karena gelombang yang dihasilkan lebih renggang). Dengan hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen feedback tipe PCM140 dalam kondisi baik.

======================================================================================

In marine scope especially on ships, pneumatic control system applied in ramp door ships, navigation door, and also valve mecanism that uses air flow as moveable fluid. Generally, the description of control system is a process to control or restraint of one or many variables in a purpose to keep the value in desired range. Simply, principle of automatic control, is to compare the actual value from the system output in a plant with according to the value from the input. According to control process, control system is consist of open loop and closed loop. A testing method for feedback instrument type PCM140 are using standart testing signal to analize system response, there are step, ramp, and sinusoidal signals for both first order and second order system. While in caused of damping in second order system, the characteristic of second order system shows in damping ratio and overshoot. This research using an experimental method with repeated experiment and analyze the data. As analiyzing result obtained time constant of the system 0,151 seconds (first order) and 0,359 seconds (second order), with a delay time 1,056 seconds (first order) and 0,013 seconds (second order). In the second order system has damping ratio 0,3 with the overshoot 0,37%. The sinusoidal frequency is 88,13 with the amplitude ratio 1,208 and phase lag is 85,71° for first order, and sinusoidal frequency is 0,762 with the amplitude ratio 1,66 and phase lag is 76,59° for second order. This results verified that, with the damping in the system, the system response become smooth (less vibration because of sine wave produced is interruptedly). With the results from analysis can be concluded that feedback instrument type PCM140 condition is still good.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pneumatic control, transient, system response, step, ramp, sinusoidal, damping ratio, overshoot
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Taufiq Hidayaturrahman
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:17
Last Modified: 08 Mar 2019 06:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45821

Actions (login required)

View Item View Item