Hadiwianata, Asni Yusma (2017) Analisis sifat mekanis dan ketahanan korosi di lingkungan laut dari material baja karbon ASTM A 131 grade AH 36 pada pengelasan bawah air. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4313100117-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pengelasan bawah air dianggap menjadi salah satu metode yang paling praktis dan ekonomis dalam kondisi emergency untuk proses konstruksi, instalasi, maupun perbaikan peralatan bawah laut seperti riser, conductor, dan pipa bawah laut maupun pada proses perbaikan plat kapal dalam air daripada harus dilakukan dry docking. Sementara itu, struktur bangunan laut terapung maupun terpancang seperti kapal, anjungan minyak, dan pipa bawah laut umumnya terbuat dari bahan logam. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa korosi akan terjadi pada struktur tersebut. Penelitian ini berfokus pada pengujian sifat mekanis dan laju korosi pengelasan bawah air material baja karbon ASTM A131 Grade AH 36. Pada penelitian ini, proses pengelasan dilakukan dengan jenis Shielded Metal Arc Welding (SMAW) wet welding dengan posisi pengelasan 1G. Elektroda yang digunakan adalah elektroda jenis E6013 dengan diameter elektroda 3.2 mm spesifikasi AWS yang divariasikan ke dalam tiga jenis besar heat input yakni 158,6 kJ/mm, 103,7 kJ/mm, dan 98,2 kJ/mm. Pengujian yang dilakukan berupa Radiography Test (RT), pengujian kekerasan Vickers Hardness Test, pengujian metalografi, dan pengujian laju korosi dengan media air laut. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa semakin besar heat input pada proses pengelasan bawah air, maka akan menghasilkan spesimen yang memiliki nilai kekerasan dan laju korosi yang semakin tinggi. Dari hasil pengujian kekerasan didapatkan nilai kekerasan tertinggi pada spesimen dengan heat input 158,6 kJ/mm sebesar 256 VHN. Sedangkan dari hasil pengujian korosi didapatkan nilai laju korosi tertinggi pada spesimen dengan heat input 158,6 kJ/mm sebesar 0,403 mm/year. Sementara dari hasil pengamatan metalografi didapatkan bahwa pada spesimen pengelasan dengan heat input yang lebih tinggi akan menghasilkan struktur mikro yang lebih kasar, rapat, dan keras.
======================================================================
Underwater welding has been stated to become one of the most practical and economical for emergency construction, installation, and repairing underwater equipment such as riser, conductor, pipeline, and ship plate rather than drydocking. Meanwhile, generally the fixed or floating offshore structure like oil and gas platform, ship, and pipeline are made from metal. So, it cannot be denied that corrosion process will take place on them. This research focuses on the analysis of mechanical properties and corrosion resistance of carbon steel material ASTM A131 Grade AH 36 in underwater welding. Welding process is held with Shielded Metal Arc Welding (SMAW) – wet welding type in 1G position. The AWS 3,2 mm diameter E6013 electrode is used and welding process is variated into three heat input value (158,6 kJ/mm, 103,7 kJ/mm, and 98,2 kJ/mm.). This experiment consist of radiography test (RT), vickers hardness test, metallography test, and corrosion penetration rate test in sea water media. Based on the result of this experiment, it can be inferred that the more heat input value is used in the underwater welding process, the more hardness number and corrosion penetration rate will produced by the welding specimen. Based on hardness test result, the specimen with heat input of 158 kJ/mm has the highest hardness number with 256 VHN. Meanwhile based on corrosion test result, the specimen with heat input of 158 kJ/mm also has the highest corrosion penetration rate with 0,403 mm/year. Then based on metallography test, it can be inferred that the specimen which has the higher heat input will has the more coarse, denser, and harder microstructure.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelasan Bawah Air, Pengujian Radiografi, Pengujian Kekerasan, Pengujian Metalografi, Pengujian Laju Korosi. |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Hadiwianata Asni Yusma |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 07:31 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 06:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/45825 |
Actions (login required)
View Item |