Siregar, Rahmat Raja Barita (2017) Studi Eksperimental Kedalaman Aus dan Koefisien Gesek Akibat Stick-Slip Pada Reciprocating Wear. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2110100163-Undergraduate_theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada setiap material yang melakukan kontak dengan material lain akan menimbulkan gaya gesek, gaya gesek sendiri dapat dikatagorikan menjadi dua yaitu gaya gesek statis dan kinetis. Dalam dunia industri sering ditemukan suku cadang yang mengalami gaya gesek statis dan kinetis. Perubahan gaya gesek dari statis ke kinetis disebut stick-slip friction. Pada daerah terjadinya stick-slip friction, dampak gaya gesek yang terjadi mempunyai nilai yang paling besar, sehingga fenomena stick-slip friction ini cukup berpengaruh terhadap umur pakai dari suatu material. Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Simatupang,R. 2016 menganalisa nilai koefisien gesek pada stick-slip friction, menggunakan material pin baja ST-37 yang cukup sulit dicari dipasaran. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan variasi pembebanan terhadap keausan material dan nilai koefisien gesek saat terjadi fenomena stick-slip friction dengan menggunakan material pin baja ST-41 yang secara umum lebih mudah ditemukan di pasaran agar dapat bermanfaat secara lebih luas.
Dalam penelitian ini, tahapan prosedur yang dimulai dengan ditentukannya variable beban dan parameter yang konstan yaitu dengan pembebanan sebesar 20 N, 30 N 40 N dan dengan parameter lintasan sliding sejauh 1440 m , sliding speed 0,1 m/s, material yang digesek adalah acrylic dengan pin baja ST-41 setengah bola. Setelah itu dilakukan seting peralatan dan kalibrasi alat uji meliputi kalibrasi kecepatan dan pembebanan. Pengujian dilakukan pada masing-masing pembebanan dengan kondisi kamera merekam proses gesekan antara pelat dengan pin. Pelat hasil pengujian diukur menggunakan dial indicator untuk mendapatkan profil lintasan aus. Video rekaman pengujian di ekstrak menggunakan software Kinovea untuk mendapatkan data perubahan waktu dan tekanan pada setiap titik sepanjang lintasan sehingga dapat dihitung nilai koefisien gesek pada setiap titik. Kemudian keausan area stick-slip dengan sliding dibandingkan dan efek stick-slip terhadap perubahan pembebanan dianalisa.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, semakin besar pembebanan maka semakin besar keausan yang ditimbulkan oleh gesekan stick-slip. Nilai koefisien gesek pada area stick-slip cenderung menurun seiring dengan meningkatnya besar pembebanan, Selain itu didapatkan bahwa perbandingan antara koefisien gesek pada dareah stick-slip dengan sliding semakin berkurang seiring dengan meningkatnya pembebanan.
====================================================================In any material that makes contact with other materials will give rise to frictional forces, the frictional forces themselves can be categorized into two: static and kinetic frictional forces. In the industrial world are often found spare parts that experience static and kinetic friction. The change in frictional force from static to kinetic is called stick-slip friction. In the occurrence of stick-slip friction, the impact of friction forces that occur has the greatest value, so the phenomenon stick-slip friction is quite influential on the life of a material. In a previous study conducted by Simatupang, R. 2016 analyzes coefficient of friction on stick-slip friction, using ST-37 steel pin material which is quite difficult to find in the market. Therefore, the purpose of this research is to study the relation of loading variation to material wear and coefficient of friction in the occurrence of stick-slip friction phenomenon using ST-41 steel pin material which is generally more easily found in the market in order to benefit more widely.
In this study, the stages of the procedure starting with the determination of variable load and constant parameters that is with loading of 20 N, 30 N 40 N and with sliding track parameters as far as 1440 m, sliding speed 0.1 m / s, the material is swiped acrylic With a ST-41 half-ball steel pin. After that, equipment settings and calibration of test equipment include calibration of speed and loading. The test is performed on each loading with the condition of the camera recording friction process between plate with pin. The test result plate is measured using a dial indicator to obtain a wear profile profile. The test video tape is extracted using Kinovea software to obtain time and pressure change data at each point along the path so that the coefficient of friction at each point can be calculated. Then the stick-slip area wear with sliding compared and stick-slip effect on the change of loading is analyzed.
The results obtained from this research is, the greater the loading the greater the wear caused by stick-slip friction. The coefficient of friction in the stick-slip area tends to decrease along with the increase of loading, and it is found that the comparison between friction coefficient in the stick-slip region with sliding decreases with increasing of loading.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 620.112 92 Sir s |
Uncontrolled Keywords: | coefficient of friction, stick-slip friction, tribometer |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ217.6 Predictive Control |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Raja Raja |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 03:54 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 04:04 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/45863 |
Actions (login required)
View Item |