Analisa kebisingan pada gerbong kereta bandara Soekarno-Hatta yang disebabkan flow AC unit ACI-4001 dengan menggunakan Analisa CFD (Computational Fluid Dynamics).

Puabdillah, Mohammad Fanisdlon (2017) Analisa kebisingan pada gerbong kereta bandara Soekarno-Hatta yang disebabkan flow AC unit ACI-4001 dengan menggunakan Analisa CFD (Computational Fluid Dynamics). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2413100086-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2413100086-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada kereta ada beberapa faktor dan komponen yang menyebabkan kebisingan. Salah satu faktor tersebut adalah kebisingan yang disebabkan oleh aliran, sehingga perlu diketahui jenis sumber aeroacoustic yang diciptakan oleh aliran, kekuatan dan arahnya. Untuk mengetahui persebaran kebisingan yang disebabkan oleh aliran maka dilakukan beberapa pengukuran pada komponen air conditioner. Pengukuran pertama dilakukan pada area bebas untuk mendapatkan Tingkat Tekanan Bunyi dari AC. Pengukuran kedua dilakukan langsung di dalam gerbong dengan kondisi AC menyala menggunakan sumber listrik eksternal. Selanjutnya, simulasi CFD digunakan untuk mengetahui kontur distribusi kebisingan, tekanan dan kecepatan aliran dari gerbong kereta. Pada penelitian ini telah dilakukan 2 variasi simulasi utama yang terdiri dari model kereta dengan diffuser berbentuk lingkaran (KA_1) dan persegi (KA_2), sehingga didapat simulasi dengan kontur kebisingan. Simulasi KA_1 dan KA_2 memiliki distribusi Tingkat Tekanan Bunyi yang hampir sama karena kecepatan dan tekanan yang tidak jauh berbeda, namun hasil persebaran aliran udara pada KA_1 lebih merata. Hasil TTB pada KA_1 dan KA_2 pada keadaan penumpang duduk sebesar 8 dB dan 6.15 dB. Dan untuk kondisi berdiri sebesar 14.5 dB dan 16.5 dB.

==================================================================

On the train there are several factors and components that causes noise. One of the factors is the sound caused by the flow. It is necessary to know the type of aeroacoustic source created by its flow, strength and direction. To know the
Distribution of noise caused by the flow, some noise measurements on AC components have been conducted. The first measurement is performed on a free area for the Sound Pressure Level of the AC. The second is done directly in the cabin with the AC condition on external power source. Furthermore, CFD simulation is used to find out the contour of the distribution. This research has conducted two main simulation by verying current AC diffuser, Circle (KA_1) and square diffuser (KA_2), to obtain it’s noise contour. The KA_1 and KA_2 simulations have the similar range of sound pressure Level as the speed and pressure are not much different, but the result of the distribution of air flow in KA_1 is more widely distributed. SPL results on KA_1 and KA_2 in passanger sitting condition are 8 dB and 6.15 dB and for standing condition 14,5 dB and 16,5 dB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AC, Kebisingan, CFD dan Aliran.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD892 Noise control
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohammad Fanisdlon Puabdillah
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:10
Last Modified: 08 Mar 2019 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45948

Actions (login required)

View Item View Item