Aplikasi Komposit Epoxy – HGM – Carbon Fiber Pada Sungkup Helm untuk Menahan Penetrasi Dan Mereduksi Energi Impact

Safa'at, Ahmat (2017) Aplikasi Komposit Epoxy – HGM – Carbon Fiber Pada Sungkup Helm untuk Menahan Penetrasi Dan Mereduksi Energi Impact. Undergraduate thesis, Institut teknologi Sepuluh Nopember.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
2112100173-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Helm merupakan alat perlindungan diri untuk meminimalisir cedera saat terjadi benturan di kepala. Sesuai dengan UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu – lintas dan Angkutan Jalan, setiap pengendara motor wajib mengunakan helm. Helm yang digunakan harus memenuhi standar yang telah ditentukan yakni SNI 1811 – 2007 yang diterbitkan oleh Badan Standardisasi Nasional. Helm yang banyak beredar di pasaran, umumnya telah memenuhi SNI 1811 – 2007. Sungkup helm dapat menahan penetrasi namun kurang baik dalam menyerap energi impact. Peran penyerapan energi impact dipegang oleh foam yang terdapat pada sungkup helm tersebut. Disamping itu, bagi pengendara, helm masih terasa berat dan dapat menyebabkan sakit di bagian kepala dan leher jika digunakan dalam jangka waktu tertentu. Penelitian terdiri dari beberapa tahap, mulai dari studi pustaka, simulasi, pembuatan prototype, serta pengujian penetrasi dan penyerapan kejut. Geometri model helm mengacu pada SNI 1811 – 2007 disesuaikan dengan helm yang banyak beredar di pasaran. Pengujian penetrasi dan penyerapan kejut, baik simulasi maupun impact mengacu pada SNI 1811 – 2007. Proses simulasi ditujukan untuk memperoleh ketebalan HGM dan jumlah layer carbon fiber pada sungkup yang memenuhi ketentuan SNI 1811 – 2007. Dari hasil simulasi, dipilih konfigurasi dengan massa paling kecil untuk dibuat prototype-nya. Selanjutnya, dilakukan pengujian SNI 1811 -2007 terhadap prototype helm yang telah dibuat. Hasil pengujian terhadap prototype dianalisa dan dibandingkan dengan hasil simulasi. Mengacu pada SNI 1811 – 2007, sungkup helm tidak lolos uji penetrasi ketika sungkup helm tertembus paku pemukul. Untuk uji penyerapan kejut, percepatan yang terjadi pada pola kepala uji tidak lebih dari 2000 g. Dengan kriteria tersebut, dari semua sungkup yang memenuhi kriteria dipilih sungkup dengan massa terkecil. Didapatkan konfigurasi sungkup dengan ketebalan 5 mm HGM dan 2 layer carbon fiber. ====================================================================================== Helmet is a self-protection equipment designed for minimalizing injury during an impact to the head. According to the constitution UU No.22 of 2009 on traffic and road transportation, every motorcycle rider require to use helmets. They must meet the requirement standards that have been Specified in SNI 1811 – 2007 and published by Badan Standardisasi Nasional. Helmets that are sold all over the market, generally have meet the SNI 1811 – 2007 standard. A helmet could withstand penetration but it could not absorb impact energy properly. Impact energy absorption mainly due to foam contained in the helmet itself. Besides that, for motorcycle rider, helmets still feel heavy and could cause pain in the head and neck if used in a long period of times. This study consists of several stages, ranging from literature research, simulation, prototype manufacturing, as well as penetration and shock absorption testing. The geometry of this helmet corresponds to SNI 1811 – 2007 standard. The penetration and shock absorption tests also correspond to the SNI 1811 – 2007 standard. The simulation process is used to obtain the thickness of HGM and the amount of layer of carbon fiber that comply with the SNI 1811 – 2007 standard. From the simulation results, a configuration with the least mass are selected to create the prototype. The next step is to test the helmet prototype corresponds to the SNI 1811 – 2007 standard. The results of the prototype will be analized and compared with the simulation results. Referring to the SNI 1811 – 2007 standard, the helmet does not pass the penetration test if the helmet pierced by the spiked beater. For the shock absorption test, the acceleration that occurred from the test is not more than 2000 g. with these criteria, the helmet that meets the criteria with the least mass is selected. Configuration with the thickness of 5 mm HGM and 2 layers of carbon fiber are selected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sungkup helm, epoxy – HGM – carbon fiber; SNI 1811 – 2007; Helmet; epoxy – HGM – carbon fiber; SNI 1811 – 2007
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9 Composite materials
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Ahmat Safa'at
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:43
Last Modified: 08 Mar 2019 04:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45997

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item