Desain Landing Craft Utility (LCU) Guna Menunjang Program Pemerataan Pembangunan di Daerah Tertinggal. Studi Kasus: Sungai Ketingan, Sidoarjo

Nurdiyanto, Esna Tri (2017) Desain Landing Craft Utility (LCU) Guna Menunjang Program Pemerataan Pembangunan di Daerah Tertinggal. Studi Kasus: Sungai Ketingan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100005-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4113100005-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Desa, Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengsahkan Peraturan Menteri Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 21 Tahun 2015 tentang penetapan prioritas pembangunan di daerah tertinggal sebagai bukti keseriusan untuk mensuseskan program pemerataan pembangunan yang dicanangkan presiden terpilih. Di Kecamatan Sidoarjo di mana merupakan daerah penyangga kota metropolitan Surabaya terdapat daerah terpencil bernama Desa Ketingan yang pembangunannya jauh tertinggal dari desa lainnya di Kecamatan Sidoarjo. Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah terkendala belum adanya jalur darat dan belum memadainya sarana angkutan jalur sungai yang menjadi akses utama menuju desa tersebut. LCU Ketingan 01 adalah suatu gagasan desain kapal penumpang serta barang sebagai solusi untuk membantu mobilitas warga serta mendistribusikan bantuan dari pemerintah dalam rangka program pemerataan pembangunan yang ada di daerah Sungai Ketingan, Sidoarjo. Kapal ini akan beroperasi dari dermaga Desa Ketingan sampai dermaga Depo Ikan di Desa Bluru Timur, Jl. Lingkar Timur Kabupaten Sidoarjo sepanjang 10 KM. Waktu yang dibutuhkan kapal ini dalam sekali trip 62 menit. Dalam menentukan ukuran utama, kapal ini menggunakan metode sesuai dengan kapasitas muatan yang akan dibawa dan juga menyesuaikan dengan keadaan sungai. Selanjutnya dilakukan pembuatan layout awal untuk melakukan analisis teknis seperti displasmen, berat kapal, stabilitas dan perhitungan freeboard. Akhirnya didapatkan desain kapal LCU dengan payload 30 orang, muatan barang maksimal 3 ton beserta 3 kru. Ukuran utama yang didapatkan adalah Lpp = 17 m; B = 3.5 m; H = 1.2 m; T = 0.75 m. Tinggi freeboard minimum sebesar 0.45 m, dan kondisi stabilitas Kapal Motor Penyeberangan memenuhi kriteria Intact Stability (IS) Code Reg. III/3.1. Setelah itu dilakukan analisis ekonomis sehingga didapatkan harga LCU sebesar Rp608,858,274.39

========================================================================

The Government of Indonesia through the Ministry of Village, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration had issued the Regulation of the Minister of Village, Development of Disadvantaged Regions and Transmigration No. 21 of 2015 on the determination of development priorities in disadvantaged areas as proof of seriousness to succeed the equity development program declared by elected president. In Sidoarjo Sub-district which is a support area of Surabaya metropolitan city, there is a remote area called Ketingan Village which has less development compared to other villages in Sidoarjo Sub-district. The aid distributed by the government is constrained by the absence of land routes and inadequate means of river lanes transportation that become the main access to the village. LCU Ketingan 01 is an idea of passenger ships and goods design as a solution to help the mobility of citizens as well as aid distribution from the government in order of equity development programs in Ketingan River area, Sidoarjo. The vessel will operate from the Ketingan Village pier to the Fish Depo pier in Bluru Timur Village, Jl. Lingkar Timur of Sidoarjo Regency, 10 KM away. The trip takes 62 minutes. To determine main dimension, this ship uses the method that according to the load capacity to be carried and also adapts to river state. Furthermore, the initial layout was made to perform technical analysis such as displacement, ship weight, stability and freeboard calculation. Finally, the design of LCU ship with payload 30 peopleS is obtained, maximum payload is 3 tons of goods and 3 crew. The main dimension obtained is Lpp = 17 m; B = 3.5 m; H = 1.2 m; T = 0.75 m. The minimum freeboard height is 0.45 m, and the stability condition of the ferry Motor Vessel adequate the criteria of Intact Stability (IS) Code Reg. III / 3.1. After that, work on economic analysis to get LCU price that equal to Rp608,858,274.39

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Landing Craft Utility (LCU), pemerataan pembangunan, sungai ketingan, sidoarjo
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Esna Tri Nurdiyanto
Date Deposited: 05 Oct 2017 05:19
Last Modified: 08 Mar 2019 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46012

Actions (login required)

View Item View Item