Baqarizky, Fridam Amruloh (2017) Desain dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Menggunakan Peredam Magnetorheological Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2113100185-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Mobil multiguna pedesaan merupakan sebuah kendaraan yang dirancang untuk meningkatkan produktifitas masyarakat pedesaan. Mobil ini dikatakan multiguna dikarenakan dapat memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk mengangkat penumpang maupun mengangkat peralatan produksi. Untuk mengangkat penumpang, pada bagian belakang mobil ini dapat digunakan box dengan banyak kursi didalamnya. Namun, ketika akan mengangkat peralatan produksi box dengan kursi pada bagian belakang diganti dengan box untuk mengangkat peralatan pedesaan. Selain variasi beban, pada tugas akhir ini kondisi jalan pedesaan juga harus diperhatikan. Untuk menjaga kenyamanan penumpang dan peralatan pedesaan diperlukan sistem suspensi yang baik. Penggunaan sistem suspensi semi aktif merupakan salah satu cara untuk menjaga kenyamanan penumpang dan peralatan desa, karena pada sistem ini nilai konstanta redaman dapat berubah sesuai dengan profil permukaan jalan. Sistem suspensi semi aktif yang digunakan pada tugas akhir ini menggunakan peredam magnetorheological. Peredam magnetorheological memanfaatkan prinsip medan magnet untuk mengubah viskositas cairan didalam peredam suspensi dengan menggunakan arus listrik. Dengan adanya perubahan viskositas ini, menyebabkan perubahan gaya redaman yang dihasilkan oleh sistem suspensi.
Pada tugas akhir ini terdapat dua macam tahapan, yaitu tahap perancangan dan analisa. Pada tahap perancangan dilakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai konstanta pegas suspensi dengan menggunakan beban maksimal dan defleksi pegas tersebut, dan pada tahap ini juga dilakukan simulasi dengan software Matlab untuk memperoleh arus yang masuk kedalam peredam dengan menggunakan persamaan gerak dari pemodelan kendaraan. Untuk tugas akhir ini digunakan pemodelan setengah kendaraan. Sehingga, dapat diketahui nilai konstanta redaman pegas. Pada tahap analisa, dilakukan analisa kenyamanan yang dihasilkan sistem suspensi semi aktif dengan nilai konstanta pegas dan redaman yang didapatkan pada tahap perancangan. Analisa kenyamanan dikakuakan dengan menggunakan beberapa standar kenyamanan dan keamanan seperti ISO 2631, Assesment Diagram for Vibration, BEISSBARTH Automotive Group.
Parameter hasil perancangan antara lain, kekakuan pegas suspensi depan (Ksf) = 56904,57541 N/m, kekakuan pegas belakang (Ksr) = 70864,50183 N/m. Hasil analisa menunjukkan dengan menggunakan input jalan sinusoidal dengan amplitudo sebesar 0,05 m dan panjang gelombang 1 m, menghasilkan suspensi hasil rancangan memiliki nilai percepatan RMS kendaraan yang lebih baik dibandingkan suspensi pasif. Dan dengan menggunakan standar kenyamanan diatas, suspensi hasil rancangan memiliki tingkat keamanan yang baik.
=================================================================
Rural Multipurpose Vehicle is a kind of vehicle which designed to increase the productivity of villagers. This vehicle is named as a multipurpose vehicle because it can have many function, which are for carrying passangers or production tools. When carrying the passengers, on the back of this vehicle using compartment for passengers which have many seats. But, when carrying the production equipments, the previous compartment which set for passengers is changed to a compartment for carrying production tools. Beside of load variation, on this final project the surface profile of village road is noteworthy. To keep the comfortable level of passanger and production tools, it required a very good suspension system. The usage of semi active suspension system is one of the ways to keep the comfortable level of passengers and production tools, because using this suspension system the coefficient of damper can be controlled according to the surface profile of village road. Semi active system which used on this final project using magnetorheological damper. Magnetorheological damper take advantages of magnetic field priciple to change viscosity of liquid inside the damper by varying input current of damper. During the viscosity alteration, it cause the alteration of damping force which produced by suspension system.
In this research there are two step process, which are designing and analyzing. At designing process, it does the calculation of suspension spring coefficient stiffness using maximum load and deflection which worked on the spring. And it does the simulation too with Matlab to get the range of the input current using the equation of motion from vehicle modeling. Half car vehicle modeling is used for this final project. So using the simulation, the coefficient of suspension damper can be calculated. At analyzing process, it does the analysis of comfortable level which produced by the semi active suspension system using spring stiffness and damper coefficient on designing process. Comfortable level analysis which did on this final project using some standard of comfortable and safety level, such as ISO 2631, Assesment Diagram for Vibration, BEISSBARTH Automotive Group.
The parameters result from designing process, such as stiffness coefficient of front spring suspension (Ksf) = 56904,57541 N/m, stiffness coefficient of rear spring suspension (Ksr) = 70864,50183 N/m. The analysis result show that using sinusoidal with amplitude 0,05 m and wavelength 1 m as the input of simulation, it show using semi active suspension system produce better acceleration RMS of vehicle body than using passive suspension system. And using safety level standard show that using semi active suspension system produce a good safety level.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.243 Baq d |
Uncontrolled Keywords: | Sistem suspensi semi aktif, peredam magnetorheological, kenyamanan, keamanan, ISO 2631, Assesment Diagram for Vibration, BEISSBARTH Automotive Group. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fridam Amruloh Baqarizky |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 05:06 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 02:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/46295 |
Actions (login required)
View Item |