Kresna, Viqi Bhagaskara (2017) Perancangan Sistem Active Fault Tolerant Control Pada Pengendalian Kecepatan Sistem Servo Modular MS150 DC Dengan Kesalahan Pada Aktuator dan Sensor. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2413100002-Undergraduate_Theses.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kegagalan sistem motor DC pada mobil listrik akibat kesalahan pada komponen seperti aktuator dan sensor dapat berakibat fatal karena dapat membahayakan pengendara,penumpang maupun masyarakat sekitar karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pada Tugas akhir ini dilakukan perancangan sistem Active Fault Tolerant Control (AFTC) yang mampu bekerja ketika terdapat kesalahan pada komponen seperti aktuator dan sensor pada pengendalian kecepatan sistem servo modular MS150 DC sehingga performansi sistem tetap terjaga. Langkah pertama yang dilakukan adalah set-up dan identifikasi sistem servo modular MS150 DC. Langkah kedua adalah merancang sistem pengendali PI. Langkah ketiga adalah merancang sistem AFTC secara simulasi dan langkah terakhir adalah merancang sistem AFTC untuk aplikasi real time. Penerapan AFTC menghasilkan nilai maximum overshoot lebih kecil dibandingkan dengan sistem tanpa AFTC, selain itu penerapan AFTC menyebabkan nilai settling time yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan sistem tanpa AFTC untuk kesalahan bias pada aktuator dan pada sensor dengan nilai bias sebesar 4 – 6 volt, kemudian penerapan AFTC mempengaruhi nilai error rata-rata, dimana ketika terjadi kesalahan pada sensor, nilai error rata-rata untuk sistem dengan AFTC lebih kecil dibandingkan dengan sistem tanpa AFTC, begitu juga ketika terjadi kesalahan bias pada aktuator, sistem dengan AFTC memiliki nilai error rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan sistem tanpa AFTC dengan nilai kesalahan bias yang terjadi bernilai 4-6 volt
==============================================================================================================================
Failure of DC motor in electric cars due to errors in actuator and sensor can harm the driver, the passengers and people because accident can happened. On this final project, designing active fault tolerant control (AFTC) systems is able to work when there are errors in actuator and sensor components for speed control of modular servo system MS150 DC, so AFTC can maintain its performance. The first step is set-up and identification system of the modular servo system MS150 DC, the second step is designing the PI control system, the third step is designing simulation of AFTC system and the last step is designing AFCT system for realtime. Results of AFTC’s perfromance for realtime shows that the value of maximum overshoot for AFTC system is smaller than without using AFTC system, then the value of settling time for AFTC system is smaller too than without using AFTC system for sensor fault and actuator fault when the bias fault of actuator 4-6 volt, and the value of error for AFTC system is smaller than without using AFTC system for sensor fault and actuator fault when the bias fault of actuator 4-6 volt.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktuator, PI, Sensor, Sistem AFTC, Sistem servo modular MS150 DC |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electromagnetic Devices T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Viqi Bhagaskara Kresna |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/46355 |
Actions (login required)
View Item |