Penilaian Risiko terhadap Kelayakan Finansial pada Proyek Kapal Tanker dengan Simulasi Monte Carlo Studi Kasus: Kapal Tanker 17.500 LTDW Milik PT. Pertamina (PERSERO) Perkapalan

Trisilo, Filik (2017) Penilaian Risiko terhadap Kelayakan Finansial pada Proyek Kapal Tanker dengan Simulasi Monte Carlo Studi Kasus: Kapal Tanker 17.500 LTDW Milik PT. Pertamina (PERSERO) Perkapalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4213100094-Udergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap proyek kapal tidak akan terlepas dari permasalahan risiko dan ketidakpastian. Akibat dari proses penilaian risiko yang tidak tepat akan menyebabkan dampak jangka panjang, seperti kerugian finansial. Dengan demikian, analisis risiko dan ketidakpastian merupakan sesuatu yang sangat penting dalam proses penentuan kelayakan finansial proyek. Penelitian ini menganalisis kelayakan finansial proyek kapal Tanker 17.500 LTDW milik PT. Pertamina (PERSERO) Perkapalan. Risiko dan ketidakpastian adalah dua terminologi yang dibedakan dalam penelitian ini, dimana risiko menitikberatkan pada risiko operasional akibat ketidaksesuaian proses pembangunan kapal terhadap finansial pemilik kapal, sedangkan ketidakpastian menitikberatkan pada variabel biaya yang mempengaruhi aliran kas proyek. Terdapat tiga skenario pendanaan dalam penelitian ini, dimana persentase pendanaan dengan modal sendiri dan pinjaman bank pada skenario 1 adalah 100% : 0%, skenario 2 adalah 75% : 25%, dan skenario 3 adalah 50% : 50%. Metode simulasi Monte Carlo diaplikasikan untuk mensimulasikan parameter kelayakan finansial proyek, seperti net present value (NPV), internal rate of return (IRR), payback period (PP), dan profitability index (PI). Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa proyek layak dijalankan dengan 100% modal perusahaan sendiri hingga 50% modal pinjaman bank, dimana probabilitas dari setiap parameter kelayakan untuk masing-masing skenario pendanaan adalah lebih besar dari 50%. Berdasar dari analisis sensitivitas, charter rate merupakan ketidakpastian yang paling sensitiv terhadap parameter kelayakan finansial proyek. ======================================================================================================== Every ship project will not be apart from risk and uncertainty issues. The inappropriate risk assessment process will cause long-term impact, such as financial loss. Thus, risk and uncertainties analysis are a very important process in financial feasibility determination of the project. This study analyzes the financial feasibility of 17,500 LTDW tanker project. Risk and uncertainty are two differentiated terminologies in this study, where risk focuses on operational risk due to shipbuilding process nonconformity to shipowner finance, while uncertainty focuses on variable costs that affect project cash flow. There are three funding scenarios in this study, where the percentage of funding with own capital and bank loan in scenario 1 is 100% : 0%, scenario 2 is 75% : 25%, and scenario 3 is 50% : 50%. Monte Carlo simulation method was applied to simulate the acceptance criteria, such as net present value (NPV), internal rate of return (IRR), payback period (PP), and profitability index (PI). The result of simulation show that the project is feasible to run by 100% own capital up to 50% bank loan capital, where probability of acceptance criteria in each funding scenario is greater than 50%. Based on the sensitivity analysis, the charter rate is the most sensitive uncertainty to the project's financial feasibility parameters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 658.155 Tri p-1
Uncontrolled Keywords: Kapal tanker, kelayakan finansial, ketidakpastian, risiko, simulasi Monte Carlo
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Filik Trisilo .
Date Deposited: 01 Feb 2018 06:34
Last Modified: 01 Feb 2018 06:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46383

Actions (login required)

View Item View Item