Arsitektur berdasarkan Perubahan Aktivitas dan Waktu

Firdausi, Fairuuz Syafiqoh (2017) Arsitektur berdasarkan Perubahan Aktivitas dan Waktu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213100026-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3213100026-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ruang merupakan elemen yang sangat penting dalam arsitektur. Ruang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia baik secara psikologis emosional (persepsi), maupun dimensional. Manusia berada dalam ruang, bergerak serta menghayati, dan melakukan aktivitas atau kegiatan yang dikehendakinya.
Ruang dalam arsitektur dan aktivitas memiliki keterkaitan yang erat, dimana ruang dapat tercipta melalui aktivitas manusia yang berada di dalamnya. Namun tanpa kita sadari kekosongan dari suatu ruang pada suatu waktu karena tidak adanya aktivitas di dalamnya membuat ruang tersebut menjadi tidak bermakna. Kekosongan tersebut merupakan suatu hal yang biasa terjadi dan diabaikan.
Arsitektur pada hakekatnya harus mampu menjawab permasalahan ini. Sehingga efisiensi ruang menjadi suatu hal yang penting. Dengan adanya sebuah perubahan aktivitas yang terjadi di tiap waktunya maka kekosongan ruang tidak lagi terjadi. Maka konfigurasi dan hubungan antar ruang merupakan hal utama yang akan di bahas pada objek arsitektur ini.
=================================================================
Space is an important element in architecture. It can not be separated from human's life both emotional psychologically (perception) and dimensionally. Human moves and lives in space, doing activities in its will.
There is strong connection between space in architecture and activity, when space is made by human activities which happens in it. However, we do not realize that the emptiness of a space in time occurs since there is no activity in it, which makes the space meaningless. The emptiness is something which commonly happens and ignored.
Architecture, in essence, should be able to solve this problem so that the space efficiency becomes an important matter. With the appearance of activity changes which occur every time, it is expected that the emptiness of space will not appear anymore. Therefore, the configuration and connection between spaces are the main things which will be discussed in architecture object.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 720.49 Fir a
Uncontrolled Keywords: aktivitas, ruang, waktu, activity, space, time
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fairuuz Syafiqoh Firdausi
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:49
Last Modified: 08 Mar 2019 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46384

Actions (login required)

View Item View Item