Hadi, Rizki Kurnia (2017) Evaluasi Usabilitas Aplikasi Navigasi Dalam Ruangan Pada Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus: Google Maps Indoor). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2513100172-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Aplikasi navigasi seluler adalah untuk memberikan pengguna (seperti pengemudi atau lainnya) dengan fungsi dan ciri navigasi. Aplikasi navigasi seluler terbagi atas dua jenis tempat penggunaannya, yaitu luar ruangan dan dalam ruangan. Aplikasi navigasi dalam ruangan bekerja secara berbeda dengan aplikasi navigasi pada umumnya dikarenakan keterbatasan sinyal Global Positioning System (GPS). Salah satu aplikasi navigasi dalam ruangan yang tersedia secara umum di Indonesia dan dipilih menjadi obyek penelitian adalah Google Maps Indoor. Karena aplikasi navigasi dalam ruangan dapat memberikan begitu banyak manfaat, usabilitas aplikasi ini sangat penting untuk dapat digunakan secara baik oleh pengguna agar manfaat aplikasi tersebut dapat dirasakan dengan baik. Dalam konteks aplikasi navigasi seluler, usabilitas akan memengaruhi kinerjanya dalam mencari informasi, jalan, ataupun memandu pengguna ke tujuan yang diinginkan. Evaluasi usabilitas dilakukan dengan melakukan pengujian usabilitas yang melibatkan pengguna aplikasi. Pengujian usabilitas yang dilakukan dengan menguji partisipan dengan pengerjaan tugas, wawancara, dan pengisian kuesioner usabilitas terstandar yaitu System Usability Scale (SUS) dan Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ). Hasil yang didapat dari evaluasi usabilitas ini menunjukkan bahwa usabilitas Google Maps Indoor berada di bawah rata-rata produk lain. Buruknya usabilitas disebabkan oleh permasalahan yang terkandung pada setiap fitur, memengaruhi kinerja pengguna yang terukur melalui metrik usabilitas. Hampir setiap permasalahan dibahas pada penelitian ini agar dapat diperbaiki dan meningkatkan usabilitas Google Maps Indoor. Karakteristik desain kritis bagi aplikasi navigasi dalam ruangan juga menjadi produk akhir penelitian ini agar dapat menjadi panduan pengembang yang ingin membangun dan mengembangkan aplikasi navigasi dalam ruangan. Harapannya, panduan desain tersebut akan meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi navigasi dalam ruangan di pasar Indonesia.
====================================================================================================
Mobile navigation app is to provide users (like driving or another) with function and navigation features. Mobile navigation apps are divided into two types of places of use, namely outdoor and indoor. Indoor navigation apps work differently than navigation apps in general due to the limitations of Global Positioning System (GPS) signals. One of the indoor navigation apps generally available in Indonesia and selected to be the research object is Google Maps Indoor. Since indoor navigation apps can provide so many benefits, the usability of this app is very important to be well used by the users to benefit those apps properly. In the context of mobile navigation applications, usability will affect its performance in searching for information, routes, or guiding users to the desired destination. The evaluation of usability is done by performing a usability test involving the application user. Usability testing is performed by testing participants with tasks, interviewing, and filling in standardized usability questionnaires: System Usability Scale (SUS) and Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ). The results obtained from this usability evaluation show that Google Maps Indoor usability is below the average of other products. Poor usability is caused by the problems contained in each feature, affecting measurable user performance through usability metrics. Almost every problem is discussed in this study to improve and improve the usability of Google Maps Indoor. Critical design characteristics for indoor navigation applications are also the product of this research to be a guide for developers who want to build and develop indoor navigation applications. Hopefully, the design guide will enhance the user experience of indoor navigation applications in Indonesia market.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | navigasi dalam ruangan, evaluasi usabilitas, pengujian pengguna, tempat umum, aplikasi smartphone, SUS, PSSUQ |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rizki Kurnia Hadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 02:05 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 06:34 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/46393 |
Actions (login required)
View Item |