Perancangan Knowledge Management yang Sesuai dengan Key Performance Indicator pada Bagian Produksi Ngagel dan Bagian Pelayanan Teknis Jaringan Sambungan Rumah PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Rachmidianty, Tiara Meidina (2017) Perancangan Knowledge Management yang Sesuai dengan Key Performance Indicator pada Bagian Produksi Ngagel dan Bagian Pelayanan Teknis Jaringan Sambungan Rumah PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513100050-Undergraduate_These.pdf]
Preview
Text
2513100050-Undergraduate_These.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya merupakan salah satu BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) di Surabaya yang berfokus di bisnis penyediaan air bersih. Dalam upaya penyediaan air bersih di Kota Surabaya, perusahaan daerah ini memiliki 540.000 sambungan rumah dan cakupan wilayah pelayanan sebesar 95%. Mengingat pentingnya peranan yang dimiliki PDAM Surya Sembada, diperlukan beberapa upaya peningkatan pada kualitas penyediaan dan pelayanan air bersih di PDAM Surabaya. Salah satunya ialah upaya peningkatan kualitas pada tenaga kerja di PDAM melalui perancangan knowledge management yang sesuai dengan key performance indicator (KPI). Tujuan dilakukan perancangan tersebut ialah untuk menunjang ketercapaian dari tujuan organisasi karena selama ini PDAM Surabaya tidak memiliki sistem knowledge management yang sesuai dengan KPI.
Dalam penelitian ini, akan dirancang sebuah knowledge management yang sesuai dengan key performance indicator untuk menunjang ketercapaian dari tujuan organisasi. Proses pengidentifikasian knowledge akan dilakukan dengan metode knowledge audit, kemudian dilakukan proses pembobotan knowledge dengan menggunakan metode Analytical Network Process yang dapat menentukan key knowledge yang sesuai pada bagian yang diteliti. Untuk memudahkan perusahaan dalam melihat kesesuaian antara KPI dan Knowledge maka akan dibuat knowledge properties yang berisikan tentang penjelasan dari knowledge.
Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 15 knowledge yang dibutuhkan serta 5 key knowledge pada Bagian Produksi Ngagel, sedangkan pada Bagian PTJSR dibutuhkan 14 knowledge dengan 3 key knowledge.

=========================================================

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya is one of the regional owned enterprises in Surabaya which focusing on clean water supply business. To provide clean water, this regional-owned enterprise has 540.000 household connections and 95% service coverage area. Considering the vital role of PDAM Surya Sembada, some improvements on the quality of clean water supply and services in PDAM Surabaya are required. One of them is improvement on the quality of work force in PDAM Surabaya through designing a knowledge management which corresponds to key performance indicator (KPI). The purpose of this design is to support the achievement of organization`s objectives because so far PDAM Surabaya does not have a knowledge management system which corresponds to the KPI.
In this study, a knowledge management will be designed in accordance with key performance indicators to support the achievement of organization`s objectives. The process of knowledge identification will be conducted by the method of knowledge audit, after that process of weighting knowledge will be done by using Analytical Network Process method which can determine the appropriate key knowledge on the part In this study. To facilitate the company in viewing the conformity between KPI and Knowledge, it will be made knowledge properties that contain about the explanation of knowledge.
Based on the identification results, 15 knowledges and 5 key knowledges are required on the Production Division Ngagel, while the PTJSR Section requires 14 knowledges with 3 key knowledges.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analitycal Network Process, House of Knowledge, Key Performance Indicator, Knowledge Audit, Manajemen Pengetahuan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tiara Meidina Rachmidianty
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:56
Last Modified: 08 Mar 2019 01:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46410

Actions (login required)

View Item View Item