Perencanaan Ulang Jembatan Mrican Kediri Menggunakan Busur Rangka Baja

Siradj, Helmi Zumar Fairuz (2017) Perencanaan Ulang Jembatan Mrican Kediri Menggunakan Busur Rangka Baja. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100104-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3113100104-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Jembatan Mrican merupakan jembatan yang terletak di kota Kediri. Jembatan ini merupakan salah satu akses yang menghubungkan wilayah timur dan barat Kota Kediri. Jembatan ini merupakan jembatan tua di Kediri sehingga sebenarnya jembatan ini sudah tidak layak untuk dilewati kendaraan
Dalam tugas akhir ini berisikan analisa perhitungan dari perencanaan jembatan busur rangka dengan desain lantai kendaraan di bawah. Perencanaan ini dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang pemilihan tipe jembatan, perumusan tujuan perencanaan hingga lingkup pembahasan dan diikuti dengan dasar-dasar perencanaan dimana analisa didasarkan pada peraturan RSNI 1725:2016 dan SNI 1726:2002. Dari data awal yang ada jembatan didesain langsung dengan mengambil bentang 120 meter dan lebar 5.8 meter.
Dan dilakukannya preliminary desain dengan menentukan dimensi-dimensi jembatan menggunakan bahan baja. Tahap awal perencanaan adalah perhitungan pembebanan struktur atas jembatan. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan bangunan atas yaitu gelagar memanjang, melintang, dan busur rangka baja. Setelah itu menganalisa struktur bangunan atas akibat beban beban yang bekerja menggunakan program bantu SAP2000. Setelah didapatkan gaya-gaya dalam yang bekerja dilakukan perhitungan kontrol struktur bangunan atas dan sambungan. Kemudian dilanjutkan dengan perencanaan perletakan jembatan dengan menggunakan pott bearing.
Untuk struktur bangunan bawah jembatan dimulai dengan pengolahan data tanah. Setelah itu dilakukan pembebanan struktur bangunan bawah. Setelah pembebanan selesai maka direncanakan abutmen dan bored pile beserta kontrol stabilitasnya.
Dari analisa yang dilakukan maka didapatkan profil rangka utama untuk bangunan atasjembatan Mrican ini adalah BOX 550 x 550. Sedangkan untuk bangunan bawah jembatan ini menggunakan abutment dengan dimensi 11 x 18 x 10 meter dan kebutuhan bored pile adalah 24 buah dengan diameter 1 meter. Hasil seluruh perhitungan Tugas Akhir ini dituangkan dalam gambar teknik standar.
============================================================
Mrican Bridge is a bridge that located in Kediri city. This bridge is one of some bridge that connects the east and west of Kediri city. This bridge is an old bridge in Kediri so this bridge is actually not feasible to pass the vehicle
This final project contains the analysis of the bridge planning with the below vehicle floor. This planning begins with an explanation of the bridge type, the formulation of planning objectives to the scope of the discussion and followed by the basics of planning where analysis is based on RSNI 1725: 2016 and SNI 1726: 2002 regulations. From the initial data of the existing bridge is designed directly by taking a span of 120 meters and 5.8 meters wide.
And preliminary design is planned by determining the dimensions of the bridge using steel materials. The initial stage of planning is the calculation of structural loading of the bridge. Then proceed with the planning of the top building that is elongated girder, transverse, and arc steel frame. After that analyze the upper structure of the building due to load loads that work using the SAP2000 auxiliary program. Having obtained inner forces that work done the calculation of control over the structure of the building and the connection. Then proceed with planning the bridge placement using pott bearing.
For the structure of the building under the bridge begins with the processing of land data. After that loading the structure of the lower building. After loading is complete then planned abutmen and bored pile along with stability control.
From the analysis that has done, the main frame profile for the top of building of the Mrican bridge is BOX 550 x 550. As for the foundation of this bridge using the abutment with dimensions of 11 x 18 x 10 meters and bored pile needs are 24 pieces with a diameter of 1 meter. The results of all calculations of this Final Project set forth in the drawings of standard techniques.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Jembatan Busur, Rangka Baja, Bored Pile, Abutment, Bridge, Arch Bridge, Steel Frame
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Helmi Zumar Fairuz Siradj
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:57
Last Modified: 08 Mar 2019 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46422

Actions (login required)

View Item View Item