Analisa Pengaruh Tegangan Sisa dan Perubahan Distorsi Pada Pengelasan Struktur Pressure Vesssels PT. Petrokimia Gresik dengan Variasi Welding Sequence dengan Metode Elemen Hingga

Fatkurokhim, Bayu Iman (2017) Analisa Pengaruh Tegangan Sisa dan Perubahan Distorsi Pada Pengelasan Struktur Pressure Vesssels PT. Petrokimia Gresik dengan Variasi Welding Sequence dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi SepuluhNopember.

[img]
Preview
Text
4313100090-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi industri migas sudah sangat maju, salah satu penerapan yang dilakukan adalah penyambungan bahan-bahan material untuk menunjang fasilitas industri migas. Tegangan sisa dapat terjadi karena adanya perbedaan temperatur yang tinggi akibat pengelasan dan juga distribusi panas yang tidak merata.. Hal tersebut menyebabkan material menjadi keras tetapi rapuh (getas) sehingga dapat menyebabkan kegagalan struktur pada daerah sambungan tersebut. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan simulasi pengelasan struktur pressure vessels untuk mengetahui tegangan sisa yang terjadi serta pengaruh Post Weld Heat Treatment terhadap tegangan sisa itu sendiri. Material yang digunakan yaitu aluminium serta data WPS yang berasal dari perusahaan fabrikator. Simulasi terbagi dalam 2 langkah yaitu analisa thermal dan struktural. Nilai dari tegangan sisa dari pathline 1 hingga pathline 3 adalah 189 MPa, 124,8 MPa, 100,76 MPa, dengan nilai distorsi sebesar 40,43 mm. Kemudian dilakukan analisa Post Weld Heat Treatment yang mengacu pada AWS D1.1:2000 untuk mengurangi tegangan sisa yang terjadi. Dari hasil Post Weld Heat Treatment tersebut nilai dari tegangan sisa dapat diturunkan secara signifikan. Setelah diberi perlakuan Post Weld Heat Treatment dengan variasi suhu sebesar 200 C, 300 C pengurangan tegangan sisa maksimal terbesar terjadi pada pathline 1 hingga pathline 3 sebesar 125 MPa, 93 Mpa, 100 MPa. ============================================================================================================== The technological developments of the oil and gas industry have been very advanced, one of the implementation is materials grafting to support oil and gas industry facilities. Residual stress may occur due to high temperature differences as a result of welding and also uneven heat distribution. The rapid cooling rates also changed the micro-structure in the weld and HAZ areas. This causes the materials become hard but crumbly with the result that give rise to structural failure in the area of the connection. In this final project, the welding pressure vessels structure will be simulated to know the residual stress that happened and the influence of Post Weld Heat Treatment to the residual stress itself. The material that used in this simulation are aluminum and WPS data coming from the fabrication company. The simulation is divided into 2 steps: thermal and structural analysis. The value of the residual stress in pathline 1 to pathline 3 is 189 MPa, 124,8 MPa, 100,76 MPa with the total deformation is 40,43 mm. Then performed a Post Weld Heat Treatment analysis which refers to AWS D1.1: 2000 to reduce residual stresses. From the results of Post Weld Heat Treatment, the value of residual stress can be derived significantly.. After being treated using Post Weld Heat Treatment with temperature variations of 200 C, 300 C the value of the residual stress in pathline 1 to pathline 3 is 125 MPa, 93 Mpa, 100 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pressure vessels, tegangan sisa, distorsi, post weld heat treatment, pathline
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ164 Power plants--Design and construction
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fatkurokhim Bayu Iman
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:22
Last Modified: 08 Mar 2019 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46438

Actions (login required)

View Item View Item