Analisis Tegangan Lokal Pada Swivel Multi Leg Anchor Mooring

Cendekiawan, Claudio (2017) Analisis Tegangan Lokal Pada Swivel Multi Leg Anchor Mooring. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4313100093-Undergraduate_Theses .pdf]
Preview
Text
4313100093-Undergraduate_Theses .pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Single Point Mooring (SPM) merupakan salah satu fasilitas sistem tambat yang penting untuk menjaga kapal tetap pada posisinya. Salah satu jenis dari SPM adalah Multi Leg Anchor Mooring (MLAM). MLAM dilengkapi dengan buoy, link plate, anchor lines, dan sinker line. Pada penelitian ini MLAM ini menambat sebuah storage tanker dengan kapasitas 120.000 DWT. Didapatkan perilaku gerak storage tanker dengan gerakan maksimum surge 0.968 m/m kondisi ballast load, sedangkan gerakan maksimum heave 0.997 m/m kondisi full load dan gerakan pitch 0.716 m/m pada kondisi full load. Hasil dari tension tiap mooring line pada kondisi kapal full load lebih besar dari kondisi kapal ballast load. Tension maksimum yang digunakan untuk menganalisis swivel antara lain 990.78 kN untuk posisi A, 2439.76 kN untuk posisi B, dan 2382.26 kN untuk posisi C. Analisis tegangan lokal swivel dengan variasi letak posisi swivel didapatkan swivel A (diatas buoy) yang memiliki tegangan von mises yang terkecil sebesar 262.14 MPa dan deformasi maksimum 0.288 mm. Menurut ABS swivel A termasuk posisi yang aman dikarenakan tegangan yang diperoleh tidak melebihi dari 90% yield stress dari grade R3. Sedangkan tegangan lokal swivel pada posisi B memiliki tegangan von mises sebesar 755.41 MPa dengan deformasi maksimum 1.178 mm dan swivel C memiliki tegangan von mises sebesar 684.42 MPa dengan deformasi maksimum 0.8 mm.

==========================================================================

Single Point Mooring (SPM) is one of the mooring facilities. Mooring function to keep the vessel in position. One type of SPM is Multi Leg Anchor Mooring (MLAM). MLAM consist of buoy, link plates, anchor lines, and sinker lines. In this study MLAM is moored by storage tanker with a capacity of 120,000 DWT. Motion response of storage tanker with maximum surge motion 0.968 m/m at ballast load condition, while maximum heave motion 0.997 m / m at full load condition and pitch motion 0.716 m / m at full load condition. The result of the tension of each mooring line on the condition of the full load storage tanker is greater than the condition of the ballast load storage tanker. The maximum tension used for analyzing the swivel is 990.78 kN for swivel A, 2439.76 kN for swivel B, and 2382.26 kN for swivel C. Result local stress analysis of swivel A is 262.14 MPa and maximum deformation 0.288 mm. According to ABS, swivel A has a local stress below the allowable stress 90% of the yield stress. While swivel B and swivel C have a local stress exceeds the allowable stress. local stress swivel B that happened is 755.41 MPa with a maximum deformation of 1.178 mm and local stress swivel C that happened is 684.42 MPa with a maximum deformation of 0.8 mm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tali Tambat, MLAM, Swivel, Tegangan von Mises
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Claudio Cendekiawan
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:06
Last Modified: 08 Mar 2019 02:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46468

Actions (login required)

View Item View Item