Dito, Jaluh Rachman (2017) Perbandingan Desain Pada Tiga Terminal Bandara Terhadap Jarak Berjalan Penumpang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3112100117-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (15MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan bandara yang semakin memiliki peranan penting maka diperlukan suatu sistem terminal bandara yang dapat mengakomodasi kegiatan seluruh pengguna bangunan bandara. Bangunan terminal bandara yang dirancang harus memberi penekanan pada fungsi. Dengan demikian, diperlukan suatu bandara yang modern karena menekankan perancangan pada fungsi dan kelancaran kegiatan.
Perencanaan ulang terminal penumpang di Bandara Juanda, Bandara Sultan Hasanuddin, dan Bandara Soekarno – Hatta dilakukan dengan pengumpulan layout terminal masing-masing bandara dan pengumpulan data jumlah penumpang. Data jumlah penumpang digunakan untuk perhitungan jumlah penumpang saat peak-hour. Jumlah penumpang peak-hour kemudian digunakan untuk menentukan level of service terminal eksisting. Desain terminal yang ada kemudian diubah untuk mengetahui apakah perubahan terminal akan berpengaruh pada jarak berjalan penumpang.
Perhitungan dan evaluasi yang dilakukan pada Tugas Akhir ini menggunakan kerangka kerja LOS IATA (International Air Transport Association) dan kerangka kerja LOS menurut John. J. Fruin. Adapun hasil yang didapatkan berdasarkan asumsi jarak berjalan penumpang terjauh setelah dilakukan modifikasi layout menjadi model pier sebesar 588m untuk Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, model satelit sebesar 457m untuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan model pier sebesar 888m untuk Terminal 1 Bandara Soekarno – Hatta Tangerang. Di dalam Tugas Akhir ini, jarak berjalan penumpang dihitung mulai dari area kerb hingga area ruang tunggu keberangkatan dengan mengabaikan fasilitas seperti people mover yang dapat memperpendek jarak berjalan penumpang dan diketahui bahwa dengan luasan terminal yang sama akan mempengaruhi jarak berjalan penumpang yang berdampak pada tingkat kenyamanan pengguna bandara.
======================================================================================================
The Development of the airport’s increasingly important role then needed system of airport terminal that can accommodate the activities of all users of the airport terminal building is a building that is designed to give an emphasis on function and the smooth running of the activities.
Planning of terminal passengers at Juanda International Airport, Sultan Hasanuddin Airport, and Soekarno – Hatta Airport is done by collecting their respective terminal layout and data collection of the number of passengers. The data used for the calculation of the number of passenger the number peak-hour passengers. The number of peak-hour passengers are then used to determine the level of service the existing terminal. The existing terminal design was modified to see if the change will affect the walking distance of the passengers.
The calculation and evaluation conducted at the end of this task using LOS IATA (International Air Transport Association) frameworks and LOS framework according to John. J. Fruin. As for the results obtained based on the assumption the passenger furthest short after making modifications to the layout model of pier is 588m to Surabaya Juanda International Airport Terminal 1, 457m to Hasanuddin Airport Makassar, and 888m for Terminal 1 Soekarno – Hatta Tangerang. In this final task, short passenger is calculated starting from the curbside area until departure lounge by ignoring such facilities people mover that can shorten the distance walking passengers and it is known that with the same terminal area will affect the distance walking passengers who have an impact on the user’s comfort level.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 690.539 Dit p |
Uncontrolled Keywords: | Airport, Level of Service, Terminal Type, Walking Distance |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Jaluh Rachman Dito |
Date Deposited: | 09 Jul 2020 04:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 04:18 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/46475 |
Actions (login required)
View Item |