Perencanaan Pemeliharaan dan Perbaikan Sisi Udara Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

Pratama, Rama Dwi (2017) Perencanaan Pemeliharaan dan Perbaikan Sisi Udara Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113041055-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
3113041055-Undergraduated_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bangunan Sipil yang terdiri dari Bangunan Transportasi, Bangunan Gedung, bahkan Bangunan Air, pasti akan melakukan Sistem Pemeliharaan dan Perbaikan Bangunan. Hal ini dimaksudkan agar bangunan tersebut dapat memiliki umur yang panjang. Pemeliharaan Bangunan sendiri meliputi perawatan preventif (pencegahan), perawatan harian atau berkala (periodik) agar kinerja fasilitas tidak berkurang. Dengan adanya proses perawatan korektif / perbaikan, hal ini dimaksudkan untuk menaikkan kinerja fasilitas yang telah turun akibat kerusakan-kerusakan saat pemakaian fasilitas tersebut pada kegiatan operasional. Oleh karena itu, akan direncanaan Pemeliharaan dan Perbaikan Sisi Udara dengan studi kasus di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ini.
Dengan mempergunakan data-data yang telah diperoleh dari pihak PT. Angkasa Pura I Semarang Jawa Tengah, penulis akan lebih membahas tentang metode yang digunakan untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan. Pemeliharaan dan perbaikan Sisi Udara Bandara ini mengacu pada SKEP 78-VI-2005 dan KP 94 tahun 2015.
Kerusakan yang terjadi di Sisi Udara Bandara ini banyak berupa kerusakan lapis permukaan kekerasan dan Rubber Deposit. Pekerjaan perbaikan ini menghabiskan waktu selama 9 hari kalender dengan peralatan berupa Roller, Hammer Jack, dan Water Compressor. Biaya perbaikan yang dibutuhkan sekitar Rp. 188.672.385,-

=========================================================================================

Civil Building which consists of Transportation Building, Building Construction, and even Water Building Construction, will definitely do System Maintenance and Repair Building. This is mean that the building can have a long life. Building Maintenance itself includes preventive, daily or periodic maintenance for the performance of the facility is not reduced. With the corrective maintenance / repair process, this is intended to improve the performance of facilities that have been dropped due to damages during the operation of the facility. Therefore, it will be planned Maintenance and Repair with study case at Ahmad Yani International Airport Semarang.
By using the data that has been obtained from the PT. Angkasa Pura I Semarang Central Java, the author will explain about the methods used to perform maintenance and repair. Maintenance and repair of the Air Side The airport refers to SKEP 78-VI-2005 and KP 94 2015.
Airport Air Side Damage occurs mostly on the surface layer of hardness and Rubber Deposit. This repair work takes 9 calendar days with Roller, Hammer Jack, and Water Compressor equipment. The cost of repair needed around Rp. Rp. 188.672.385,-.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air Side Bandara, Kerusakan, Pemeliharaan, Perbaikan.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Putra Rama Dwi Pratama
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:57
Last Modified: 08 Mar 2019 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46599

Actions (login required)

View Item View Item