Optimasi Sprocket, Link Plate Dan Pallet Hanger Pada Main Chain Vertical Rotary Parking Dengan Menggunakan Simulasi Elemen Hingga

Ardhi, Dhimas Zakaria Bayu (2017) Optimasi Sprocket, Link Plate Dan Pallet Hanger Pada Main Chain Vertical Rotary Parking Dengan Menggunakan Simulasi Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2115105010-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kepemilikan mobil yang semakin meningkat menimbulkan masalah pada kurangnya lahan parkir. Salah satu solusi mengatasi masalah tersebut adalah vertical rotary parking. Namun dalam perkembangannya masih terdapat beberapa bagian utama yang kurang efisien yaitu bagian sprocket, link plate dan pallet hanger. Bagian tersebut massanya terlalu besar dan boros material. Oleh karena itu diusulkan beberapa perubahan untuk mengoptimasinya. Jadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimasi sprocket, link plate dan pallet hanger pada vertical rotary parking untuk mengurangi massa benda tersebut serta mengetahui assembly dari bagian yang telah dioptimasi. Proses optimasi dilakukan dengan bantuan software berbasis elemen hingga. Software ini melakukan simulasi sehingga dihasilkan data berupa tegangan dan defleksi. Hasil simulasi tersebut digunakan sebagai acuan dalam optimasi. Cara optimasi yaitu dengan mengurangi material pada bagian yang mendapatkan stress yang relatif kecil. Pengurangan material pada sprocket, link plate dan pallet hanger dilakukan dengan memberi cerukan. Cerukan divariasikan dengan kenaikan 2 hingga didapat massa minimum namun tetap aman. Keamanan didapatkan dengan memberi safety factor. Safety factor merupakan perbandingan antara stress hasil simulasi dengan yield stress material. Apabila nilai safety factor melebihi 4 maka dinyatakan aman. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pertama optimasi pada sprocket dengan memberikan cerukan maksimum sebesar m berhasil menurunkan massa sprocket sebesar 45.41%. kedua optimasi pada link plate dengan memberikan cerukan maksimum sebesar n berhasil menurunkan massa link plate sebesar 43.95%. Ketiga optimasi pada pallet hanger dengan memberikan cerukan maksimum sebesar o dan p berhasil menurunkan massa pallet hanger sebesar 52.1%. dimana nilai m = 76 mm, n = 58 mm, o = 34 mm dan p = 16 mm. Keempat assembly desain yang telah dioptimasi memerlukan perubahan pada bagian struktur, gear 120, poros pada pinion 30 dan pin pada chain. ========================================================= Increasing ownership of the car cause problems. One of the problem is lack of parking space. Solution of these problems is vertical rotary parking. But there are some parts of vertical rotary parking are less efficient, that is sprockets, link plate and pallet hanger. The mass of sprockets, link plate and pallet hanger are too heavy and wasteful. Therefore, the writer proposes some changes to optimize that part. So the purpose of this research is to optimize sprockets, link plate and pallet hanger on the vertical rotary parking to reduce the mass and to know the assembly of the optimized part. The optimization process is helped by finite element software. This software simulates to get data such as stress and deflection. The results of this simulation are used as a reference in the optimization process. Optimization process is done by reducing the material on the part that get a relatively small stress. Reducing material on the sprocket, link plate and pallet hanger is done by cut. Cutting are varied by 2 mm increment to get a minimum mass and safety. Safety gained by applying safety factor. Safety factor is a comparison between stress with yield stress material. If the safety factor value exceeds 4 then it is safe. The result obtained in this research is first optimization on sprocket by giving maximum cutting of m succeed to decrease sprocket mass by 45.41%. Both optimizations on the link plate by giving a maximum cutting of n managed to decrease the mass of link plate by 43.95%. The three optimizations on the pallet hanger by giving maximum cutting of o and p succeeded to decrease the mass of the pallet hanger by 52.1%. Whereas, the dimension of m = 76 mm, n = 58 mm, o = 34 mm and p = 16 mm. The four assembling optimized design require changes to the structure, gear 120, pivot on pinion 30 and pin on the chain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 671.36 Ard o
Uncontrolled Keywords: Link plate, Metode elemen hingga, Pallet hanger, Sprocket, Vertical rotary parking.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: DHIMAS ZAKARIA BAYU ARDHI
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:05
Last Modified: 08 Mar 2019 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46676

Actions (login required)

View Item View Item