Perencanaan Jalan Baru Sreseh - Pangarengan STA 0+000 – STA 15+300 Kabupaten Sampang Madura Menggunakan Perkerasan Kaku

Aszuzi, Elsa Nurri (2017) Perencanaan Jalan Baru Sreseh - Pangarengan STA 0+000 – STA 15+300 Kabupaten Sampang Madura Menggunakan Perkerasan Kaku. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of X.pdf]
Preview
Text
X.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan Sreseh – Pangarengan ini merupakan jalan penghubungantara Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang, khususnya pada jalan jalur selatan Bangkalan ke jalan provinsi Sampang di Desa Torjun. Jalan penghubung ini untuk mempermudah arus yang menuju ke dan dari Surabaya dan Madura daerah Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Dikarenakan jalan provinsi yang terdapat di ruas Bangkalan terdapat dua pasar yang berada dipinggir jalan provinsi yaitu Pasar Blega dan Pasar Tanah Merah sehingga ketika jam pasar dimulai terjadi kemacetan.Belum lagi saat ini Kabupaten Sumenep menarik wisatawan untuk dikunjungi dari sisi ziarah kubur maupun objek wisata kepulauan. Oleh karena itu, dibutuhkan jalan alternative lain untuk memperlancar arus lalu lintas.
Pada perencanaan proyek jalan ini metode yang digunakan meliputi analisa kapsitas jalan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Peraturan Bina Marga 1997 tentang Geometrik Jalan Antar Kota, perencanaan tebal perkerasan dengan menggunakan Pd. T-14-2003 tentang Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, perencanaan drainase dengan menggunakan SNI 03-3424-1994 tentang Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan, dan rencana anggaran biaya menggunakan Harga Satuan Dasar (HSD) tahun 2017 Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Propinsi Jawa Timur.
Dari hasil perhitungan perencanaan pada proyek Jalan Sreseh - Pangarengan diperoleh analisa kapasitas jalan dengan DS 0.781 pada akhir umur rencana sehingga belum diperlukan pelebaran jalan dikarenakan jalan ini merupakan jalan alternative kedua untuk tujuan Suramadu. Perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan perkerasan kakudiperoleh tebal beton K-350 18,5 cm dan stabilisasi tanah dasar dengan CBK 12,5 cm dengan umur rencana 20 tahun. Perencanaan dimensi saluran tepi (drainase) bebentuk trapesium dengan bahan terbuat dari pasangan batu kali. Anggaran yang diperlukan untuk melakukan pembangunan proyek ini sebesar Rp 301.783.012.801,00”.Dengan adanya pembangunan proyek ini dengan umur rencana 20 tahun diharapkan mempermudah akses dari Madura khususnya Sampang, Pamekasan, Sumenep ke Surabaya maupun sebaliknya.
==================================================================The road construction of Sreseh - Pangarengan is a connecting road between Bangkalan and Sampang regencies, especially on the southern route of Bangkalan to Sampang road in Torjun village. This connecting road to facilitate the flow to and from Surabaya and Madura area Sampang, Pamekasan, and Sumenep. Due to the provincial road contained in Bangkalan there are two markets which are located alongside the provincial road of Pasar Blega and Tanah Merah Market so that when market hours begin to occur congestion. Not to mention the current district of Sumenep attract tourists to visit from the grave pilgrimage as well as island attractions. Therefore, another alternative way is needed to facilitate the flow of traffic.
In this road project planning, the method used includes road capacity analysis using the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) method 1997, road geometric control by using Bina Marga Regulation 1997 on Geometric Inter-City Road, pavement thickness planning using Pd. T-14-2003 Concerning Concrete Pavement Concrete Pavement Planning, drainage planning using SNI 03-3424-1994 on Road Surface Drainage Planning Procedures, and cost budget plan using Unit Price Basis (HSD) 2017 Public Works Agency of Bina Marga of East Java.
From the calculation of planning on the road project Sreseh - Pangarengan obtained the analysis of road capacity with DS 0.781 at the end of the life of the plan so that no road widening is required because this road is the second alternative way for the purpose Suramadu. Planning of pavement thickness using rigid pavement is obtained by thickness of K-350 18,5 cm concrete and basic soil stabilization with CBK 12,5 cm with age of 20 year plan. Planning of the trapezoidal drainage dimension (drainage) is made of stone pairs. The budget required to undertake this project is Rp 301.783.012.801,00 ". With the construction of this project, the 20-year plan is expected to facilitate access from Madura especially Sampang, Pamekasan, Sumenep to Surabaya and vice versa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS Asz p
Uncontrolled Keywords: Beton Semen, Geometrik, Drainase
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Elsa Nurri Aszuzi
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:14
Last Modified: 06 Mar 2019 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46771

Actions (login required)

View Item View Item