Perencanaan Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar Seksi III STA 19+000 – STA 29+000 Jawa Timur Menggunakan Perkerasan Kaku

Fadhilah, Tiara Ana (2017) Perencanaan Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar Seksi III STA 19+000 – STA 29+000 Jawa Timur Menggunakan Perkerasan Kaku. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3116040531-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rencana pengembangan terminal Teluk Lamong mendukung perkembangan industri dan permukiman di wilayah Kabupaten Gresik sebagai Kawasan Strategis Nasional Gerbangkertosusila, maka sangat diperlukan jalan bebas hambatan Krian – Legundi – Bunder – Manyar sebagai prasarana jalan dimana fungsinya untuk melayani pertumbuhan kegiatan eksport-import dari wilayah Provinsi Jawa Timur bagian Selatan-Barat (Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Pacitan) yang akan menuju Terminal Teluk Lamong. Dalam Tugas Akhir ini direncanakan Perencanaan perkerasaan kaku pada ruas Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar Seksi III STA 19+000 – STA 29+000 sepanjang 10 km. Dalam perencanaan jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar ini untuk analisa kapasitas jalan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Jalan Bebas Hambatan 1997, untuk geometrik jalan bebas hambatan jalan tol menggunakan petunjuk Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No. 007/BM/2009, untuk perencanaan tebal perkerasan jalan dengan menggunakan petunjuk Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Dinas Pekerjaan Umum Metode Bina Marga 2003, dan untuk perencanaan saluran tepi jalan (drainase) dengan menggunakan Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan (SNI 03-3424-1994) dan untuk perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan Harga Satuan Dasar Kabupaten Mojokerto 2017. Dari hasil perencanaan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi III STA 19+000 – STA 29+000 maka didapatkan kapasitas jalan sebesar 9292 smp/jam pada tahun 2019 dan kapasitas jalan 13938 smp/jam pada tahun 2036. Untuk umur rencana 25 tahun didapatkan lapis pondasi bawah menggunakan agregat kelas C dan campuran Beton Kurus setebal 10 cm. Tebal perkerasan kaku adalah 25 cm dengan menggunakan tulangan. Saluran drainase berbentuk trapesium yang terbuat dari pasangan batu kali dengan dimensi b=0,1 m dan H=0,4m, b=0,2 dan H=0,6 m, b=0,3 m dan H= 0,7 m, b=0,4 m dan H=0,9 m. Rencana anggaran biaya untuk perencanaan Jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi III STA 19+000 – STA 29+000 pada tahap pembangunan I adalah Rp. 961,258,824,638.01 dan pada tahap pembangunan II untuk pelebaran jalan adalah Rp. 57,681,435,638.95. ============================================================================================== Lamong Bay terminal development plan supports industrial and residential development in Gresik Regency as National Strategic Area Gerbangkertosusila, so it is necessary freeway Krian - Legundi - Bunder - Manyar as road infrastructure where its function to serve the growth of export-import activity from East Java Province South-West (Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, Magetan, Pacitan) to Lamong Bay Terminal. In this Final Project is planned Planning of rigid rigidity on Krian - Legundi - Bunder - Manyar Toll Road section III STA 19 + 000 - STA 29 + 000 along 10 km. In planning the Krian - Legundi - Bunder - Manyar Toll Road for road capacity analysis based on the Road Access Manual of Indonesia (MKJI) of the 1997 Expressway, for the geometric highway expressway use guidance of Road Geometry of Freeway for Toll Road. 007 / BM / 2009, for the planning of pavement road thickness by using the guidance of Concrete Pavement Concrete Pavement Planning of 2003 Bina Marga Public Works Method, and for drainage planning by using Road Surface Drainage Planning Procedures (SNI 03-3424- 1994) and for the calculation of Budget Plan using Unit Price of Mojokerto Regency 2017. From the result of planning of Krian-Legundi-Bunder-Manyar Toll Road Section III STA 19 + 000 - STA 29 + 000, we get road capacity 9292 smp / hour in 2019 and road capacity 13938 smp / hour in year 2036. For age of 25 Year found base layer using C class aggregate and Concrete mix of 10 cm thick. The thickness of the rigid pavement is 25 cm using the reinforcement. Trapezoidal drainage channels made of stone pairs with dimensions b = 0.1 m and H = 0.4m, b = 0.2 and H = 0.6 m, b = 0.3 m and H = 0.7 M, b = 0.4 m and H = 0.9 m. Budget plan for planning of Krian-Legundi-Bunder-Manyar toll road Section III STA 19 + 000 - STA 29 + 000 at development stage I is Rp. 961,258,824,638.01 and at the second construction stage for road widening is Rp.57,681,435,638.95.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Jalan Tol, Perkerasan Kaku, Krian – Legundi – Bunder – Manyar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering
Depositing User: Tiara Ana Fadhilah
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:55
Last Modified: 06 Mar 2019 03:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46776

Actions (login required)

View Item View Item