Studi Eksperimental Karakteristik Aerodinamik Airfoil NACA 4412 Dengan Variasi Kecepatan Aliran Udara

Erlangga, Gema Pandji (2017) Studi Eksperimental Karakteristik Aerodinamik Airfoil NACA 4412 Dengan Variasi Kecepatan Aliran Udara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2411100127-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Airfoil adalah bentuk geometri aerodinamis yang dapat menghasilkan gaya angkat yang besar dengan gaya hambatan sekecil mungkin ketika melalui fluida. Pada percobaan ini telah dilakukan percobaan airfoil NACA 4412 menggunakan wind tunnel. Percobaan dilakukan dengan tujuan untuk menentukan karakteristik aerodinamik airfoil pada sudut serang tertentu dan kecepatan aliran udara tertentu kemudian melakukan analisis mengenai pengaruh sudut serang dan kecepatan aliran udara terhadap performansi dari airfoil. Variasi yang digunakan adalah sudut serang dari -30 hingga 180 dengan interval sudut 30, sedangkan kecepatan angin yang digunakan adalah 1, 2, 3, 4, dan 5 m/s. Gaya angkat terbesar didapat pada sudut serang 180 dengan nilai 0,193 N pada bilangan Reynold 18703. Gaya hambat terbesar terjadi pada sudut serang 180 dengan nilai 0,07 N. Semakin besar sudut serang dan semakin besar kecepatan aliran udara, maka nilai dari gaya angkat dan gaya hambat semakin besar. ============================================================================================ Airfoil is an object with aerodynamic form that can produce great lift force with as low as possible drag force when the object moved through the fluids. This experiment has been conducted on NACA 4412 airfoil using wind tunnel. The experiment conducted with the purpose to acknowledge the aerodynamics performance of airfoil with specific angle of attack and airflow speed. Variations used in this experiment is the angle of attack from -30 to 180 with 30 interval and the wind speed used is 1, 2, 3, 4, and 5 m/s. The highest lift force acquired at 180 angle of attack with value of 0,193 N on Reynold’s number 18703. And the highest drag force acquired occured at 180 with value of 0,07 N. Higher value of angle of attack and airflow speed, then value of lift force and drag force will be higher too

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 629.134 32 Erl s-1
Uncontrolled Keywords: airfoil, NACA 4412, gaya angkat, gaya hambat
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Gema Pandji Erlangga
Date Deposited: 14 Dec 2017 04:15
Last Modified: 06 Mar 2019 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47006

Actions (login required)

View Item View Item