Aplikasi Metode AHP Berbasis Spasial Untuk Menentukan Lokasi Reklame di Surabaya

Ningrum, Niken Ratna Wahyu Ningrum (2017) Aplikasi Metode AHP Berbasis Spasial Untuk Menentukan Lokasi Reklame di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1213100092-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Reklame adalah salah satu media publikasi dari suatu produk maupun event oleh perusahaan. Dalam penerapannya, reklame yang terpasang sering kali tidak memperhatikan letak dan sasaran yang dituju. Berdasarkan hal tersebut, didapat sebuah permasalahan dalam pemilihan lokasi reklame yang tepat berdasarkan aspek-aspek penting dan sesuai kriteria dari user. Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah metode yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan multi alternatif. Kriteria yang digunakan untuk menentukan lokasi reklame dalam Tugas Akhir ini yaitu jarak terhadap lokasi fasilitas umum (landmark), reklame sejenis pada persekitaran, dan kepadatan lalu lintas pada ruas jalan. Dengan aplikasi AHP berbasis spasial disini, sistem mengolah data spasial untuk menyeleksi titik-titik yang yang akan menjadi kandidat alternatif lokasi reklame. Setelah didapat alternatif dari hasil spasial, alternatif tersebut akan dihitung nilai bobotnya. bobot tersebut yang akan dilakukan perangkingan. Hasil dari sistem ini akan menghasilkan keluaran titik-titik lokasi alternatif untuk penempatan reklame sesuai dengan kriteria dalam tampilan tabel dan tampilan peta spasial =================================================================================== Billboard is one of the media publication of a product or event by the company. In practice, the embedded billboard often do not pay attention to the location and the intended target. Based on these, there is a problem in choosing the right billboard location based on the important and appropriate aspects of the user's interest. While Analytic Hierarchy Process (AHP) is a method that can be used for decision making with multi criteria and multi alternative The criteria used to determine the advertisement location in this Final Project is the distance to where the user wants, the traffic density, and the number of similar billboards nearby. With spatial-based AHP apps here, the system processes spatial data to select the points that will be alternative candidates for the billboard location. After obtaining an alternative from the spatial results, the alternative will be calculated the value of the weight. The weight will be done ranking. The results of this system will produce alternate location point outputs for the placement of the billboard according to the criteria in the table view and spatial map view.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lokasi Reklame, GIS, Analytical Hierarchy Process (AHP), Google Maps
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Niken Ratna Wahyu Ningrum
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:26
Last Modified: 05 Mar 2019 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47017

Actions (login required)

View Item View Item