Perancangan Perangkat Keras Sistem Pengendali Navigasi Pada Miniatur Mobil Pendeteksi Marka Jalan

Mardhatillah, Anis (2017) Perancangan Perangkat Keras Sistem Pengendali Navigasi Pada Miniatur Mobil Pendeteksi Marka Jalan. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2214030019-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2214030019-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan jumlah kendaraan di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat, salah satunya adalah kendaraan jenis mobil pribadi. Perkembangan ini diikuti oleh peningkatan angka kecelakaan akibat kelelahan pengemudi pada saat mengendarai mobil. Saat ini telah dikembangkan kendaraan otomatis untuk mengurangi resiko kecelakaan dijalan raya. Tujuan utama dari program ini adalah untuk kenyamanan dalam berkendara. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan untuk membuat sistem navigasi otomatis adalah teknologi pengolahan citra. Sistem ini dapat melakukan tindakan pada kendaraan agar tetap berada dalam jalur lalu lintas dan dapat mendeteksi halangan.
Pada Tugas Akhir ini telah dirancang dan diimplementasikan sebuah sistem pengendali navigasi pada miniatur mobil yang dapat melakukan navigasi secara otomatis. Sistem ini terdiri dari mikrokontroler yang akan menerima informasi dari sistem pendeteksi marka sebagai penggerak miniatur mobil. Sistem ini juga dilengkapi fitur untuk mendeteksi halangan. Hasil pengujian pada sistem menunjukkan miniatur mobil berjalan dengan kecepatan rata-rata 0,55 m/s pada saat melalui lintasan lurus, dan kecepatan rata-rata 0,42 m/s pada saat melalui lintasan belok. Miniatur mobil dapat berhenti pada jarak rata-rata 43,15 cm terhadap halangan.

=================================================================

The growth of vehicle quantity in indonesia is rapidly increasing, one of them is private car type. This growth is followed with the increasing of accident rate caused by driver fatigue when driving the car. Nowadays, automatic vehicles has been developed to reduce the risk of road accident. The main purpose of this program is to increase comfort while driving. A technology that could be applied to create an automatic navigation system is image processing technology. This system could take action on the vehicle to keep it stay on the traffic lane and detect obstacles.
In this final project a navigation control system is designed and implemented on a car miniature that can navigate automatically. This system consist of a microcontroller unit that will acquire information from road marker detection system as the car miniature actuator. This system also has an obstacles detector system. The test result on the system shows the car miniature could run on average velocity 0.55 m/s on straight track and 0.42 m/s average velocity on curvaceous track. The car miniature can stop on 43.15 cm average distance against obstacles.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: navigasi otomatis, marka jalan, pendeteksi halangan, Automatic navigation, road mark, hitch detector
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Anis Mardhatillah .
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:14
Last Modified: 06 Mar 2019 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47024

Actions (login required)

View Item View Item