Faktor Penerimaan Media Sosial Twitter Instansi Pemerintah di Indonesia

Suryadharma, Bertung (2017) Faktor Penerimaan Media Sosial Twitter Instansi Pemerintah di Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
5112202001-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran media sosial memberi dampak yang besar bagi kehidupan saat ini. Media sosial mendapatkan tempat yang istimewa pada penggunaan internet di Indonesia. Sebanyak 87,4 % dari penggunaan internet di Indonesia digunakan oleh masyarakat untuk mengakses media sosial. Instansi pemerintah di Indonesia perlahan telah memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat. Yang menjadi perhatian adalah pengguna media sosial di Indonesia sangat besar, namun partisipasi masyarakat pada akun media sosial milik pemerintah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab atau faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat pada akun sosial media milik pemerintah yang belum pernah diteliti sebelumnya. Penelitian didasarkan pada studi literatur dan studi empiris untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat pada akun sosial media milik pemerintah. Pada penelitian ini diusulkan sebuah model penelitian dengan enam variabel yang merepresentasikan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat untuk berpartisipasi dengan media sosial pemerintah. Selanjutnya hubungan antar variabel akan di validasi menggunakan metode Structural Equation Model (SEM)-PLS. Objek dari penelitian ini adalah masyarakat yang telah menjadi partisipan pada akun media sosial milik pemerintah. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa lima dari enam variabel terbukti mempengaruhi partisipasi masyarakat untuk berpartisipasi dengan media sosial pemerintah. ============================================================================================= The presence of social media has a huge impact on life today. Social media get a special place on internet usage in Indonesia. As much as 87.4% of internet usage in Indonesia is used by the community to access social media. Government agencies in Indonesia have slowly utilized social media as a means of communication with the community. The concern is that social media users in Indonesia are very large, but public participation on government social media accounts is still low. This study aims to find out the causes or factors that influence public participation on government social media accounts that have never been studied previously. The study is based on literature studies and empirical studies to find the factors that influence public participation on government social media accounts. This research proposed a research model with six variables that represent factors influencing public participation to participate with government social media. Furthermore, the relationship between variables will be validated using the Structural Equation Model (SEM) -PLS method. The object of this research is the community that has become a participant on the government's social media account.The results of this study state that five out of six variables have proven to influence community participation to participate with the social media of the government.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media sosial, pemerintah, partisipasi, social media, government, participation
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Bertung Suryadharma .
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:54
Last Modified: 09 Jan 2018 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47065

Actions (login required)

View Item View Item