Naurah, Aritya Paramartha Putri (2017) Desain Interior Sekolah Luar Biasa YPAC Malang Dengan Penerapan Psikologi Warna Fantasi Animasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3813100019-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu pilar dari suatu bangsa. Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Oleh karena itu, sekolah luar biasa merupakan fasilitas yang ditujukan bagi ABK untuk memenuhi haknya dalam mengenyam pendidikan. Fasilitas rehabilitasi ini sendiri biasanya disediakan oleh yayasan sosial yang ada di Indonesia. Selain menjadi tempat untuk mendapatkan pendidikan, SLB juga dapat menjadi salah satu tempat rehabilitasi mental dan lingkungan bagi ABK, khususnya di kota Malang. Rehabilitasi mental dapat meliputi terapi yang telah disediakan oleh pihak sekolah dan rehabilitasi lingkungan merupakan terapi yang dilakukan anak terhadap lingkungannya setiap harinya.
Dengan banyaknya kegiatan dalam SLB dan ditinjau dari pengguna yaitu ABK yang pada umumnya membutuhkan perlakukan khusus membuat SLB harus memberikan kenyamanan, keamanan serta suasana yang mendukung bagi ABK agar dapat memaksimalkan rehabilitasi yang tengah dilakukan. Dalam menentukan konsep dan desain interior pada SLB digunakan metode desain dengan melalui tahapan pengumpulan data (observasi, wawancara, serta studi literatur) dan tahapan desain (brainstorming, pengembangan konsep desain, aplikasi konsep dan hasil desain).
Melalui tahapan berikut didapatkan konsep desain berupa pengaplikasian psikologi warna fantasi animasi. Psikologi warna merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk memilih warna yang berpengaruh terhadap psikologi manusia. Aplikasi warna dihantarkan melalui latar belakang kisah dan tokoh dari animasi yaitu animasi dari Walt Disney. Hal tersebut ditunjukan dengan suasana ruang yang didesain menyerupai latar belakang kisah animasi serta bentukan furniture yang ada pada ruangan. Hasil dari desain interior SLB dengan aplikasi psikologi warna fantasi animasi ini secara keseluruhan membentuk suasana yang menyenangkan dan mendukung kegiatan belajar ABK , serta membuat tatanan ruang menjadi lebih aman dan sesuai keergonomian ABK.
=================================================================
Education is one of the pillars of a nation. Every citizen has equal rights in education as set forth in the Constitution of 1945 article 31 paragraph 1, including the children with special needed. Therefore, school education needed or SEN was built for complete their right for pursuing education. This rehabilitation facility itself is usually provided by a social foundation that exists in Indonesia. In addition to being a place to get an education, school education needed or SEN can also be one of the mental and environmental rehabilitation for disability children, especially in the city of Malang. Rehabilitation may include mental therapy provided by the schools and the rehabilitation of the environment is a therapy that kids do to the environment each day.
With many activities include in SEN and reviewed from the user, disability kids, who in general requaires need special treatment, makes SEN should provide comfort, security and support for them in order to maximise their rehabilitation. In defining the concept and interior design at the design methods used with SEN through stages of data collection (observation, interview, as well as the study of literature) and stage design (brainstorming, developing design concepts, design concepts and application of results).
Through the following phases obtained, a design concept in the form of an animated fantasy color psychology deployment. olor psychology is a science that is used to select a color effect on human psychology. Application of color are transmitted through the background story and a character from the animated Walt Disney Animation. It is indicated with the atmosphere of the space that was designed to resemble the background story of the animation as well as a furniture in the room. Result of interior design of SEN with application of color psychology with animation as a whole form a pleasant atmosphere and supports disability kids for learning activities, as well as making the order of spaces into a more secure and appropriate their ergonomy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Luar Biasa, desain interior, psikologi warna, Walt Disney, School Education Needed, interior design, color psychology, Walt Disney |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Naurah Aritya Paramartha Putri |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 05:05 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 04:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/47154 |
Actions (login required)
View Item |