Analisis Manajemen Termal pada Sistem Pendingin Sel Baterai Li-Ion Bentuk Prismatik dengan Variasi Laju Aliran Massa dan Lebar Channel Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Merinda, Laurien (2017) Analisis Manajemen Termal pada Sistem Pendingin Sel Baterai Li-Ion Bentuk Prismatik dengan Variasi Laju Aliran Massa dan Lebar Channel Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2413100046-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2413100046-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Baterai Litium Ion sebagai sistem penyimpanan energi memegang peranan kunci dalam pengembangan kendaraan listrik. Hal ini dikarenakan untuk menciptakan kendaraan listrik yang memiliki efisiensi tinggi, dibutuhkan baterai dengan spesific power density dan spesific energy density yang tinggi. Diantara banyak kelebihan yang dimiliki, Litium Ion sangat sensitif terhadap temperatur. Sehingga untuk menjaga keamanan dan performansi dari baterai Litium Ion, dibutuhkan sistem manajemen termal berupa pendingin berbentuk mini channel cold plate menggunakan fluida pendingin berupa air. Pengaruh inlet laju aliran massa air dan lebar dari channel dianalisa dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa sistem pendingin berbentuk mini channel cold plate menggunakan fluida pendingin air memiliki performansi pendinginan yang efisien dalam menjaga temperatur baterai di bawah temperatur operasi. Performansi pendinginan meningkat seiring dengan semakin besarnya inlet laju aliran massa air, namun laju aliran massa air lebih dari 1x10-3 kg/s tidak berpengaruh terhadap pola penurunan temperatur baterai sehingga inlet laju aliran massa air yang terlalu besar dinilai tidak efisien. Selain itu, variasi perubahan lebar channel hanya berdampak kecil terhadap performansi pendinginan baterai namun berdampak besar terhadap pressure drop aliran air dalam channel. Lebar channel yang semakin besar membuat pressure drop turun menjadi setengahnya dan lebar channel yang paling efektif adalah 8 mm. Peningkatan laju aliran massa air merupakan metode efektif untuk menurunkan temperatur maksimum sel baterai Litium Ion, namun harus diimbangi dengan memperlebar channel plat pendingin agar dapat menurunkan pressure drop dan mengurangi konsumsi energi di sistem pendingin baterai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 620.106 4 Mer a
Uncontrolled Keywords: Baterai Litium Ion, Mini Channel Cold Plate, Sistem Manajemen Termal Baterai
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics > QC271 Temperature measurements
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Laurien Merinda .
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:27
Last Modified: 06 Mar 2019 04:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47164

Actions (login required)

View Item View Item