Rancang Bangun Sistem Pengendalian Tekanan pada Aliran Uap

Auludyah, Azania Arnada (2017) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Tekanan pada Aliran Uap. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2414031012-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2414031012-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ketel uap merupakan peralatan yang banyak digunakan pada industri-industri untuk pembangkit tenaga. Pada sebuah industri, ketel uap mempunyai peranan penting yaitu sebagai sumber penghasil uap dimana uap tersebut berguna untuk menggerakan turbin uap yang menghasilkan tenaga untuk menggerakan sebagian besar peralatan pada industri. Energi dalam (internal energy) dari air akan meningkat seiring dengan meningkatnya temperatur dan tekanan. Pengukuran tekanan udara memegang peranan sangat penting dalam bidang industri. Saat ini banyak industri yang memanfaatkan konsep tekanan dalam proses industri, sehingga pengukuran diperlukan dalam pemantauan dan pengendalian suatu proses. Sehingga dalam tugas akhir ini perlu adanya sebuah rancang bangun sistem pengendalian tekanan pada aliran uap. Sistem ini menggunakan sensor MPX5050GP yang memiliki sensitivitas sebesar 93.238488 mV/kPa. Didapatkan juga nilai error steady state sebesar 0.04 dan maximum overshoot sebesar 1.8%. Pada pengendalian tekanan ini tidak memiliki settling time karena sistem bekerja secara on off.

==============================================================================================

Steam boilers are equipment that is widely used in industries for power generation. In an industry, the steam boiler has an important role as a source of steam-producing where steam is useful for moving steam turbines that generate power to drive most of the equipment in the industry. The internal energy of the air will increase with temperature and pressure. Measurement of air pressure plays a very important role in the field of industry. Today many industries are undergoing a process. In this final project, it is necessary to design of pressure control system on steam flow. This system uses the MPX5050GP sensor which has a sensitivity of 93.238488 mV / kPa. Also found steady state error value of 0.04, maximum overshoot of 1.8%. At this pressure control does’nt have settling time because the system is on off.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Steam, Pressure Control, Heat Pump, Seonsor MPX5050GP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Auludyah Azania Arnada
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:07
Last Modified: 06 Mar 2019 04:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47200

Actions (login required)

View Item View Item