Analisa Kestabilan Model Sepeda Roda Dua Akibat Gerak Gyroscope Dengan Variasi Kecepatan Putar Flywheel Ketika Dikenai Inisial Simpangan

Par'iy, Mohammad (2017) Analisa Kestabilan Model Sepeda Roda Dua Akibat Gerak Gyroscope Dengan Variasi Kecepatan Putar Flywheel Ketika Dikenai Inisial Simpangan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100128-Undergraduate_Theses.pdf] Text
2111100128-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gyroscope kini mulai dikembangkan dan diterapkan pada dunia transportasi terutama roda dua untuk memperoleh kestabilan secara otomatis. Sehingga bisa terwujudnya sebuah alat transportasi yang aman untuk digunakan. Seperti contoh kendaraan monorail, meskipun kendaraan ini hanya memiliki dua roda tetapi tingkat keamanan dan kestabilannya tinggi. Untuk melakukan uji coba dan pembuatan alat peraga demi penelitian lebih lanjut, yaitu Gyroscope sebagai alat untuk keseimbangannya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah solusi untuk metode penelitian berupa eksperimental. Dengan langkah yang pertama yaitu studi literatur dan lapangan, perumusan masalah dan penetapan tujuan, perancangan dan perakitan alat, pembuatan sistem interface yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Kemudian hasil dari eksperimental dan hasil teoritis dibandingkan untuk mengetahui error ataupun hal-hal lain diluar prediksi.
Pada tugas akhir kali ini didapatkan hasil simulasi dan eksperimen. Untuk hasil simulasi didapatkan respon yang mampu bertahan terhadap simpangan yang diberikan, pada putaran 3500 rpm, 4000 rpm dan 4500 rpm mulai stabil berturut-turut di waktu 200 detik, 175 detik, dan 120 detik.Sedangkan hasil eksperimen didapatkan respon yang hanya bertahan beberapa detik setelah dikenai simpangan, yaitu pada putaran 3500 rpm, 4000 rpm, dan 4500 rpm kendaraan mampu stabil dalam tempuh berturut-turut 3.7 detik, 5.3 detik, dan 7.6 detik.
============================================================================================
Gyroscope now began to be developed and applied to the world of transportation, especially two wheels vehicle to obtain stability automatically. So that the realization of a safe means of transportation achieved. Like the example of a monorail vehicle, although this vehicle only has two wheels but the level of security and stability is high. To test and manufacture props for the sake of further research, the Gyroscope as a tool for balance.
Based on these problems, we need a solution for the experimental research method. With the first step of literature and field study, problem formulation and goal setting, design and assembly of tools, the conclusion is the creation of the last interface system. Then the results of the experimental and theoretical results are compared to know the error or other things beyond prediction.
In this final project, simulation and experiment result are obtained. For the simulation results obtained a response that can withstand the deviation given, at 3500 rpm rotation, 4000 rpm and 4500 rpm start to stable successively in 200 seconds, 175 seconds, and 120 seconds. While the experimental results obtained a response that lasted only a few seconds after the deviation, which is at 3500 rpm rotation, 4000 rpm, and 4500 rpm the vehicle stability in the runs consecutive 3.7 seconds, 5.3 seconds, and 7.6 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.816 Par a
Uncontrolled Keywords: Gyroscope, Control moment gyroscope, Self-balancing
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Moh. Pariy .
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:14
Last Modified: 09 Jan 2018 07:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47216

Actions (login required)

View Item View Item