Estikhamah, Fithri (2017) Analisis Pemilihan Penggunaan Moda Angkutan Penumpang Bus Dan Travel Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan (Studi Kasus : Rute Surabaya – Magetan). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3115206011-Master-Theses.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jumlah perjalanan yang dilakukan oleh pelaku perjalanan pada rute Surabaya -
Magetan cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari sering terjadinya penumpukan
penumpang di Terminal Purabaya Surabaya. Dari beberapa moda yang ada terdapat
persaingan yang kompetitif yaitu antara moda bus dan mobil travel. Berbagai
alasan dan pertimbangan yang mendasari pelaku perjalanan dalam melakukan
pemilihan kedua moda transportasi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui karakteristik dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaku pejalanan
pengguna moda bus dan travel untuk rute Surabaya- Magetan. Sehingga diperoleh
suatu model yang dapat menjelaskan pemilihan moda antara bus dan travel.
Dengan menggunakan perhitungan regresi logit biner dengan variabel respon
pemilihan moda sebagai variabel terikat. Didapatkan variabel bebas yang
signifikan mempengaruhi pemilihan moda bus adalah jenis kelamin dan frekuensi
penggunaan moda bus dalam 1 bulan. Masing-masing dengan nilai probabilitas
sebesar 58.9% dan 59.0%. Sedangkan variabel bebas yang signifikan
mempengaruhi pemilihan moda mobil travel adalah variabel jenis kelamin, pernah
menggunakan moda bus dan frekuensi penggunaan mobil travel dalam 1 bulan.
Masing-masing dengan nilai probabilitas sebesar 42.1%, 57.26 % dan 82.8%.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna moda
bus adalah tempat duduk khusus perempuan. Sedangkan bagi pengguna mobil
travel adalah menambah jadwal keberangkatan sehingga ada pilihan waktu
keberangkatan.
=================================================================
The number of trips made by travelers on the Surabaya - Magetan route is quite
large. This can be seen from the frequent accumulation of passengers at Surabaya
Purabaya Terminal. From several modes there is a competitive competition that is
between the bus mode and travel car. The various reasons and considerations
underlying the travelers in the selection of the two modes of transportation. This
research is conducted with due to obtaining the characteristics and factors that
affect the travelers travel with bus and travel users which take Surabaya-Magetan
route. Thus obtained a model that can explain the selection of modes between the
bus and travel. By using binary logit regression calculation with variable response
mode selection as the dependent variable. Obtained significant independent
variables affecting the selection of bus modes are gender and frequency of use of
bus mode in 1 month. Each with a probability value of 58.9% and 59.0%. While the
independent variables that significantly influence the selection of travel car modes
are gender variables, never use the bus mode and the frequency of use of travel car
in 1 month. Each with a probability value of 42.1%, 57.26% and 82.8%. Efforts that
can be made to improve services for bus mode users are women-only seats. As for
the users of travel car is to add the departure schedule so there is a choice of
departure time
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemilihan moda, probabilitas pemilihan moda, regresi logit biner, moda choice, moda choice probability, binary logit regression |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Fithri Estikhamah |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 02:48 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 02:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/47368 |
Actions (login required)
View Item |