Analisis Pemilihan Penggunaan Moda Angkutan Penumpang Bus Dan Travel Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan (Studi Kasus : Rute Surabaya – Magetan)

Estikhamah, Fithri (2017) Analisis Pemilihan Penggunaan Moda Angkutan Penumpang Bus Dan Travel Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan (Studi Kasus : Rute Surabaya – Magetan). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3115206011-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jumlah perjalanan yang dilakukan oleh pelaku perjalanan pada rute Surabaya - Magetan cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari sering terjadinya penumpukan penumpang di Terminal Purabaya Surabaya. Dari beberapa moda yang ada terdapat persaingan yang kompetitif yaitu antara moda bus dan mobil travel. Berbagai alasan dan pertimbangan yang mendasari pelaku perjalanan dalam melakukan pemilihan kedua moda transportasi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaku pejalanan pengguna moda bus dan travel untuk rute Surabaya- Magetan. Sehingga diperoleh suatu model yang dapat menjelaskan pemilihan moda antara bus dan travel. Dengan menggunakan perhitungan regresi logit biner dengan variabel respon pemilihan moda sebagai variabel terikat. Didapatkan variabel bebas yang signifikan mempengaruhi pemilihan moda bus adalah jenis kelamin dan frekuensi penggunaan moda bus dalam 1 bulan. Masing-masing dengan nilai probabilitas sebesar 58.9% dan 59.0%. Sedangkan variabel bebas yang signifikan mempengaruhi pemilihan moda mobil travel adalah variabel jenis kelamin, pernah menggunakan moda bus dan frekuensi penggunaan mobil travel dalam 1 bulan. Masing-masing dengan nilai probabilitas sebesar 42.1%, 57.26 % dan 82.8%. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna moda bus adalah tempat duduk khusus perempuan. Sedangkan bagi pengguna mobil travel adalah menambah jadwal keberangkatan sehingga ada pilihan waktu keberangkatan. ================================================================= The number of trips made by travelers on the Surabaya - Magetan route is quite large. This can be seen from the frequent accumulation of passengers at Surabaya Purabaya Terminal. From several modes there is a competitive competition that is between the bus mode and travel car. The various reasons and considerations underlying the travelers in the selection of the two modes of transportation. This research is conducted with due to obtaining the characteristics and factors that affect the travelers travel with bus and travel users which take Surabaya-Magetan route. Thus obtained a model that can explain the selection of modes between the bus and travel. By using binary logit regression calculation with variable response mode selection as the dependent variable. Obtained significant independent variables affecting the selection of bus modes are gender and frequency of use of bus mode in 1 month. Each with a probability value of 58.9% and 59.0%. While the independent variables that significantly influence the selection of travel car modes are gender variables, never use the bus mode and the frequency of use of travel car in 1 month. Each with a probability value of 42.1%, 57.26% and 82.8%. Efforts that can be made to improve services for bus mode users are women-only seats. As for the users of travel car is to add the departure schedule so there is a choice of departure time

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemilihan moda, probabilitas pemilihan moda, regresi logit biner, moda choice, moda choice probability, binary logit regression
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Fithri Estikhamah
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:48
Last Modified: 06 Mar 2019 02:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47368

Actions (login required)

View Item View Item